18.12.23

PARTISIPASI LOMBA " Lomba Adalah Salah Satu Mengasah Potensi"


PARTISIPASI LOMBA

Essay 5 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh : Indarti wahyuningsih (21310410052)

Kelas : Karyawan SP

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta






Lomba adalah salah satu cara untuk mengasah potensi pada diri kita, tanpa adanya lomba atau saingan baik dalam meraih prestasi, maka kita tidak tahu bagaimana pontensi yang kita punya, pada diri masing masing, kita wajib mengasahnya kemampuan mungkin bawa kita punya pontesi dan karakteristik. Tak lupa dengan mengikuti lomba kita harus sesuaikan dengan hobi kita atau kemampuan yang di miliki. Caranya dengan terus berlatih memperdalam kemampuan yang kita punya, dengan perlahan-lahan mengikuti berbagai kegiatan yang di geluti, dengan memilih hal yang kita punya maka kita akan menemukan karakter dan kemampuan yang kita punya. Tak lupa untuk selalu memperdalam lagi supaya hasilnya lebih maksimaldi tengah kesibukan aktifitas kita belajar untuk lebih produktifitas. Perlombaan dapat diadakan dalam berbagai bidang, seperti olahraga, seni, sains, teknologi, dan lain-lain. Adanya mata kuliah inovasi dapat mengasah kemampuan untuk mengikuti perlombaan secara gratis. Soal menang kalah hal biasa ikut berpartisipasi sudah sebuah sisi positif yaitu mempunyai pengalaman, meningkatkan keterampilan, mengevaluasi kelemahan, meningkatkan kemampuan atau kegemeran khsusu dalam hal menulis, prilaku tersebut mengevaluasi mengetahui potensi diri dan sebagainnya.

Pada tanggal 16 Desember 2023, penulis mengikuti lomba menulis nasional dengan beberapa kategori cerpen, Puisi, Quote, Artikel. Dari beberapa kategori penulis mengikuti lomba menulis puisi yang bertema “ Mendung Hitam Di Tanah Palestina” lomba ini bertujuan untuk mencari bakat – bakat penulis dengan tema bebas . perlombaan ini sangat menarik selain ada hadia yang menarik hasil karya akan di terbitkan dan ber ISBN oleh pintar menulis. Tema yang di ambil penulis adalah konflik yang sedang terjadi oleh di tanah palestina yang sedang ramai di media social, puisi ini salah satu bentuk dukungan kepada Rakyat Palestina.

Untuk perlombaan kedua di ikuti pada tanggal 16 Desember yang diadakan oleh bening Academy dengan kompetisi menulis puisi bertema luka. Penulis menulis sebuah puisi yang bertema “ Rindu Beku“ yang di tulis setelah mendegarkan cerita sahabatnya yang sedang menjalankan hukuman. Lomba ini sangat menarik karena selain di adakan secara gratis untuk semua kalangan. Kesimpulan yang penulis dalam mengikuti perlomban menulis yaitu suatu hal yang positif dapat mengasah dalam kreatifitas tanpa melihat kalangan.

Semoga ada kesempatan lain untuk mengikuti lomba dan inovasi dalam mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi adalah hal – hal yang sangat positif di tengah rutinitas padat karena pekerjaan.






0 komentar:

Posting Komentar