18.12.23

Essay 6 perubahan diri Merubah diri dengan memulainya dengan konsisten

 

Perubahan Diri : Merubah diri dengan memulainya dengan konsisten

 

ESSAY 6 Psikologi Inovasi

Oleh :

Lisa Devita Saripi

NIM (21310410106)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta  

 

 


Maraknya kasus di usia remaja yang sudah terkena penyakit dan kasus-kasus lainnya yang menyerang kita sejak dini. Gaya hidup sangat penting untuk kita perhatikan, kualitas hidup bisa di tentukan dari bagaimana posistif atau negatifnya gaya hidup yang kita lakukan.  Terutama dalam gaya hidup sehat, Gaya hidup sehat adalah pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Gaya hidup sehat adalah sehat dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik dan positif. Hidup sehat adalah hidup dengan fisik, psikologi, lingkungan dan finansial yang sehat, cukup, dan baik. Menurut tabloid gaya hidup sehat, hidup sehat itu adalah cara menyelenggarakan proses kehidupan sehingga memberikan kondisi positif bagi diri sendiri dan lingkungan (Mister,2008). Dalam gaya hidup sehat, seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya, merubahnya bukan pada si individu saja, tetapi juga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yang memengaruhi pola perilakunya. Perubahan bisa terjadi setiap saat, dan merupakan proses yang dinamik serta tidak dapat dielakkan. Berubah berarti beranjak dari keadaan yang semula. Tanpa berubah tidak ada pertumbuhan dan tidak ada dorongan. Setiap orang dapat memberikan perubahan pada orang lain. Merubah orang lain bisa bersifat implisit dan eksplisit atau bersifat tertutup dan terbuka.

Seperti yang saya lakukan saya melakukan perubahan diri dengan konsisten dengan melakukan kegiatan lari , selama 8 minggu yang sudah saya jalani, dan saya melakukannnya setiap minggu 1 kali lari. Dimana saya melakukan kegiatan ini di sekitar tempat tinggal.

 

 

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Waktu (Menit)

5 mnt

10 mnt

15 mnt

18 mnt

20 mnt

25 mnt

28 mnt

30 mnt

Jarak (Km)

700 m

1,1 km

1,3 km

1,51 km

2,0 km

2,0 km

2,1 km

2,2 km

 



 

Dengan data grafik jogging yang ada di atas, saya melakukan kegiatan ini selama 8 minggu berturut-turut. Adapun beberapa data lokasi untuk mengukur jarak lari diantaranya sebagai berikut :

·       Minggu 1 : madrasah muamalat – lanketo

·       Minggu 2 : madrasah muamalat – indomaret pokoh sleman

·       Minggu 3 : madrasah muamalat – Raminten Boutique & Cafe

·       Minggu 4 : Muter Alkid

·       Minggu 5 : madrasah muamalat – Kopi klotok

·       Minggu 6 : madrasah muamalat – Jl. Degolan

·       Minggu 7 : madrasah muamalat – Terminal pakem

·       Minggu 8 : madrasah muamalat – UII

 

Dari bentuk perubahan dri ini saya mendapatkan hal positif dimana saya bisa merasakan perubahannya dari kesehatan badan saya, saya bisa sering bangun pagi, menjaga pola makan, dan bentuk perubahan diri ini mampu membantu saya dalam mengatasi rasa malas serta masalah psikologis yang biasa saya rasakan.

Dokumentasi :

    


  

 


 







DAFTAR PUSTAKA

Susanti Endang dan Kholisoh. 2018. Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas. Vol. 2 No. 1. Hal: 1-3.

 Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

0 komentar:

Posting Komentar