18.12.23

Essay 5 Partisipasi Lomba


                                   Essay Lomba 

 Oleh :

Ramahwati (21310410037)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 


Dalam rangka menumbuhkan minat menulis, event kreasi memfasilitasi karya-karya kreatif anak bangsa untuk dapat dibukukan. Event Kreasi merupakan akun Instagram yang berfokus pada dunia kepenulisan serta memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk dapat menampilkan karya terbaiknya melalui ajang lomba puisi. Event tersebut sudah diadakan ditahun tahun sebelumnya, serta sudah mencetak banyak buku yang berisikan karya anak bangsa. Tidak dikenakan biaya saat registrasi merupakan kemudahan yang mereka tawarkan kepada peserta,selain itu setiap peserta juga diberikan sertifikat sebagai penghargaan karena telah mengikuti perlombaan tersebut.  Ditahun 2023 ini, saya menjadi salah satu peserta dalam lomba pembuatan puisi. Lomba cipta puisi yang saya ikuti kali ini merupakan lomba tingkat nasional yang mengusung trilogi asmara. Trilogi tersebut terdiri dari tiga tema yaitu rindu,cinta,dan kenangan dengan ketentuan maksimal 100 kata. Setelah karya dikumpulkan melalui link, kemudian peserta diberikan link kembali untuk dapat bergabung dalam grup WhatsApp yang telah dikelompokkan berdasarkan tema yang mereka pilih sebelumnya. Dalam lomba tersebut juara 1 mendapatkan headphone, juara kedua dan ketiga akan diberikan piala. Selanjutnya untuk juara terpilih karyanya akan dibukukan serta buku-buku tersebut dapat dipesan setelah mengisi formulir pemesanan yang terdapat pada  grup WhatsApp. Menurut saya pribadi, ajang lomba kreativitas di bidang kepenulisan yang seperti ini justru akan meningkatkan minat peserta, saya yang dulunya selalu berpikir lama dalam mengikuti sebuah lomba namun untuk kali ini tertarik mengikuti lomba tersebut karena setiap gagasan yang kita tuangkan merupakan suatu  karya, sebuah karya tidak ada salah dan benar melainkan dapat dinikmatii oleh seluruh pembaca (kalangan).  



Kompetisi lain di bidang kepenulisan yang juga saya ikuti kali ini yaitu cipta karya puisi, lomba tersebut diselenggarakan oleh akun Instagram akupuisea dengan tema harapan. Akupuisea merupakan akun Instagram yang berfokus pada dunia kepenulisan serta memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk dapat menampilkan karya terbaiknya melalui ajang lomba puisi.Tidak dikenakan biaya saat registrasi merupakan kemudahan yang mereka tawarkan kepada peserta,selain itu setiap peserta juga diberikan sertifikat sebagai penghargaan karena telah mengikuti perlombaan tersebut. Dengan itu juga maka akan menaikkan minat peserta untuk mengikuti perlombaan.Walaupun diikuti banyak peserta, pihak penyelenggara hanya mengambil 200 peserta dengan karya terbaik. Namun untuk 200 peserta terbaik yang menginginkan sertifikat cetak serta mendapat fasilitas lengkap berupa piala kejuaraan, medali, buku event, serta bisa memilih namanya untuk dijadikan sebagai penulis terbaik atau penulis favorit maka dikenakan biaya 120 ribu, sedangkan paket medium akan dikenakan 87 ribu, dengan fasilitas seperti paket lengkap hanya saja tidak mendapat piala. 

Dalam lomba ini, saya menuangkan harapan orangtua (ibu) terhadap anakntya. Puisi tersebut berisikan seorang ibu yang selalu merapalkan doa dilima waktunya demi keberhasilan anaknya. Memohon agar anaknya mampu memikul segala harapan yang ada. Meskipun tirakat seorang ibu tidak pernah henti, tetapi pada kenyataannya ada masanya harapan tersebut runtuh dihantam riuhnya berbagai proses menjadi dewasa. Saat seseorang ingin menyerah begitu saja, tak jarang kebangkitan mereka berasal dari harapan serta doa orangtua  yang tiba-tiba teringat. Seseorang akan terpacu untuk terus berjuang demi mencapai impiannya, karena keinginan setiap anak sudah pasti membalas jasa serta pengorbanan orangtua selama merawat dan membesarkannya, membahagiakan serta menaikkan derajat kedua orangtuanya sudah pasti menjadi impian setiap anak. 

0 komentar:

Posting Komentar