29.12.23

PERUBAHAN DIRI DENGAN OLAHRAGA

 

PERUBAHAN DIRI DENGAN OLAHRAGA

Diah Novita Sari

21310410111

Essay 6

Perubahan Diri

Psikologi Inovasi

Dosen pengampu: Dra. Arundati Shinta, M.A.



Perubahan diri merupakan proses untuk melakukan suatu hal yang baru oleh individu. Hal yang biasa dilakukan merupakan suatu hal positif. Perubahan diri dapat diawali dengan hal-hal kecil seperti melakukan olahraga, membaca, menulis dan lain sebagainya. Saya mencoba untuk melakukan perubahan diri dengan berolahraga jogging yang saya lakukan secara konsisten selama 8 minggu. Saya memilih olahraga jongging karena olahraga tersebut mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja. Daniel Hartono (2010) mengemukakan bahwa Jogging dapat dilakukan di pagi, sore ataupun malam hari, disekitar tempat tinggal atau dijalan-jalan, berbeda dengan olahraga permainan dimana kita harus mempersiapkan perlengkapan olahraga yang relatif mahal, serta harus menuju lapangan olahraga yang mungkin saja berada jauh dari tempat tinggal.

Menurut Rahman Ari (2010) Olahraga seperti jogging bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Olahraga jogging sendiri apabila dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya. Selain itu, dengan jogging kita dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena jogging dapat membuat badan kita terus menerus bergerak dan mengeluarkan keringat, yang dimana keringat tersebut mengeluarkan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh atau tidak baik bagi tubuh serta meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan sel kangker yang ada didalam tubuh kita dan dengan olahraga jogging dapat memperlancar sirkulasi darah.

Saya melakukan jogging/ olahraga lari diwaktu pagi yang saya mulai sekitar pukul 06.00 setiap hari minggu, setiap minggunya saya melakukan sedikit peningkatan jarak lari 100-300 meter setiap minggunya. Saya biasa melakukan jogging di daerah tempat tinggal saya terkadang juga saya pergi ke salah satu embung yang ada didekat tempat tinggal saya. Berikut tabel serta grafik yang saya buat setelah melakukan delapan kali jogging.

Tabel 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Jogging.

Minggu ke-

1

2

3

4

5

6

7

8

Waktu

52

55

59

64

65

66

70

71

Jarak (km)

2,5

2,8

3,2

3,6

4

4,5

5

5,2

 

 



Olahraga jogging saat ini masih saya lakukan namun tidak selalu dihari minggu pagi, melainkan ketika saya memiliki waktu luang kapanpun itu. Saya masih melakukannya karena bertujuan agar apa yang saya lakukan untuk perubah diri untuk diri saya sendiri tidak hilang begitu saja, selain itu dengan jogging yang memiliki banyak manfaat menjadikan saya merasa bahwa badan saya kini lebih sehat.

 Perubahan diri bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan ketika kamu telah memiliki niat yang serius untuk berubah, ketika kamu memiliki keinginan serta kemauan yang kuat untuk berubah maka perubahan diri dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. perubahan diri sangat penting untuk kita lakukan agar kita tidak berada dalam situasi yang itu-itu saja. sudah seharusnya melakukan perubahan diri untuk diri kita kedepannya, untuk meningkatkan kualitas diri kita dengan perubahan-perubahan yang kita lakukan mulai saat ini. perubahan juga tidak harus dilakukan langsung secara pesat namu dengan perlahan-lahan kita dapat melakukan perubahan diri itu.

Referensi:

Daniel Hartono. 2010. Pengaruh Olahraga Jogging Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental. Bandung: PT.         Remaja Rosdakarya

Rahman Ari. 2010. Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

0 komentar:

Posting Komentar