29.12.23

PERUBAHAN DIRI DENGAN BEROLAHRAGA

 

PERUBAHAN DIRI DENGAN BEROLAHRAGA

Essay 6 Psikologi Inovasi

Rahayu Nur Kholifah 21310410079

Kelas Reguler 2021/Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45


 

Olahraga termasuk kegiatan fisik yang dilakukan secara berulang-ulang dan sistematis dengan tujuan meningkatkan atau mempertahankan kebugaran dan kesehatan. Olahraga dapat didefinisikan sebagai kegiatan fisik yang dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti untuk rekreasi, kesehatan, kompetisi, atau pengembangan keterampilan dan kebugaran fisik. Olahraga mengajarkan banyak hal, seperti bermain jujur, menghargai kawan dan lawan, menerima kekalahan dengan lapang dada, memberi selamat kepada pemenang, dan bersikap fair play.

Perubahan diri adalah proses atau perubahan yang terjadi pada seseorang dalam berbagai aspek kehidupan mereka, seperti fisik, mental, emosional, dan perilaku. Perubahan ini dapat bersifat positif atau negatif, dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pengalaman hidup, pembelajaran, pertumbuhan, atau pengaruh lingkungan. Perubahan diri biasanya melibatkan upaya untuk memperbaiki atau meningkatkan berbagai aspek kehidupan seseorang agar sesuai dengan tujuan atau harapan mereka. Ini dapat mencakup berbagai hal, seperti memperbaiki kebiasaan, meningkatkan keterampilan, atau mengubah nilai-nilai dan perspektif hidup. Perjalanan pertumbuhan pribadi dapat mencakup perubahan diri, yang melibatkan refleksi diri, pembelajaran, dan tindakan konkret untuk mencapai perubahan yang diinginkan.

Dalam memenuhi tugas psikologi inovatif saya melakukan serangkaian perubahan diri dengan berolahraga yang dilakukan selama 8 minggu. Olahraga yang saya pilih adalah squat jump yang dilakukan setiap pagi atau sore dengan target pencapaian saya bisa melakukannya sebanyak-banyaknya dan meningkatkan jumlah pencapaian dalam setiap harinya. Squat jump adalah gerakan olahraga yang dimulai dengan berdiri dengan kaki terbuka lebar dan tangan di belakang kepala. Kemudian melompat dengan sedikit dan mendarat dalam posisi setengah jongkok hingga lutut tertekuk. Ini adalah gerakan yang dilakukan berulang kali.

Hubungan perubahan diri melalui kegiatan berolahraga bermaksud untuk merubah hal-hal kurang baik dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan, dengan kegiatan olahraga dapat melatih rasa malas yang berlebihan, meningkatkan produktifitas serta meningkatkan kesehatan mental. Melakukan kegiatan olahraga selama 8 minggu bukan hal yang mudah untuk memulainya, perlu banyak kesiapan dan tekad untuk memulai. Adapun tabel data kegiatan olahraga saya sebagai berikut :

Tabel 1. Laporan Kemajuan Olahraga Squat jump

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

15

15

20

20

20

20

25

25

J

10

10

12

15

15

20

22

25

Grafik 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Squat jump


Pada minggu 1 saya berhasil melakukan squat jump dengan jumlah 10 dalam waktu 15 detik, pada minggu 2 saya berhasil dengan jumlah 10 dalam waktu 15 detik, pada minggu 3 saya berhasil dengan jumlah 12 dalam waktu 20 detik, pada minggu 4 saya berhasil dengan jumlah 15 dalam waktu 20 detik, pada minggu 5 saya berhasil dengan jumlah 15 dalam waktu 20 detik, pada minggu 6 saya berhasil dengan jumlah 20 dalam waktu 20 detik, pada minggu 7 saya berhasil dengan jumlah 22 dalam waktu 25 detik, dan pada minggu 8 saya berhasil dengan jumlah 25 dalam waktu 25 detik. Perkembangan dalam kegiatan olahraga yang saya lakukan saya catat dan saya gunakan stopwatch untuk menghitung berapa banyak saya dapat melakukan squat jump dari minggu ke minggu, dalam jumlah poin yang didapatkan memang tidak begitu banyak tetapi proses yang saya lakukan sangat berarti meskipun hanya dengan kurun waktu 8 minggu, perubahannya sangat terasa pada diri saya menjadi lebih produktif, merasa segar dan mengurangi stress.

 

Referensi :

Ukat, & Syauki, A. Y. (2018). PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP TERHADAP HASIL LOMPATAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA DI MTsN 1 KOTA SERANG. Jurnal STKIP Banten, 2, 59-68.

Fabio, S., & Kartiko, D. C. (2022). TINGKAT AKTIVITAS FISIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI PADA MASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10, 13-18.

0 komentar:

Posting Komentar