29.12.23

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MEJADI RELAWAN PENGAJAR TPA CILIKAN YOGYAKARTA

 

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MEJADI RELAWAN PENGAJAR TPA CILIKAN YOGYAKARTA

Oleh:

Siti Khasanah (21310410089)

Esai Prestasi

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




 

Menurut Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonseia (2011:4), pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencakup upya-upaya peningkatan AB kualitas sumber daya manusia anatara lain dalam dalam perluasan wawasan, pengtahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh civitas akademika sebagai perwujudan Dharma Bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan, meningkatkan luas terlebih bagi masyarakat ekonomi lemah. Dari pengabdian kepada masyakrakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan aktififtas tanpa mengharapkan imbalan.

Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) adalah lembaga atau himpunan warga yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang mempunyai tujuan sebagai memberikan pelajaran membaca Alquran sejak usia dini, serta memahami dasar tujuan sebagai Dinul Islam pada anak usia taman anak-anak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah atau bahkan yang lebih tinggi. TPA menjadi tempat atau akses anak-anak untuk mendapatkan pendidikan keagamaan.

Menjadi relawan TPA An-Nur Cilikan Yogyakarta sejak tahun 2022 – sekarang adalah bentuk pengabdian saya sebagai mahasiswa dan bermukim di daerah Yogyakarta tersebut. Ikut berpartisipasi sebagai relawan TPA memberikan pelajaran berharga tentang tanggung jawab sosial dan empati. Dengan bisa bersentuhan langsung dengan realitas kehidupan anak-anak TPA An-Nur Cilikan, dapat mengembangkan rasa empati yang mendalam dan menyadari pentingnya berkonribusi positif untuk kesejahteraan bersama.

Ini adalah salah satu prestasi yang dapat dicapai melalui pengabdian sebagai relawan di TPA An-Nur Cilikan, menjadi relawan untuk meningkatkan literasi anak-anak tidak hanya terukur dari kontribusi tetapi juga sejauh mana kolaborasi dan sinergi yang bisa deiberikan untuk mencapai tujuan bersama. Tidak hanya memberikan harapan bagi ank-anak yang membutuhkan, tetapi juga turut serta dalam memperkuat fondasi pendidikan. Prestasi ini tidak hanya dapat diukur dari dampak langsung yang dihasilkan, tetapi juga dari proses pembelajaran pribadi dan kolaborasi yang diproleh selama perjalan penagbdian masyarakat ini.

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Hapip, L. K. (2022). Taman Pendidikan Alquran bagi Ibu Rumah Tangga. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education3(1), 43-52.

Yusron, A., Syafi'i, M., Marlina, M., Sari, L., & Kurniawan, M. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(5), 9661-9666.

0 komentar:

Posting Komentar