29.12.23

MEMBERSIHKAN TEMPAT IBADAH SEBAGAI BENTUK PELAYANAN MASYARAKAT

 

MEMBERSIHKAN TEMPAT IBADAH SEBAGAI BENTUK PELAYANAN MASYARAKAT

Essay Prestasi Psikologi Inovasi

Meli Nur Hidayah

NIM : 21310410085

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

 

Memberikan pelayanan kepada Masyarakat merupakan bentuk pengabdian diri sebagai mahasiswa, mengingat hal tersebut merupakan salah satu tugas dan kewajiban sebagai generasi muda yang sedang menempuh Pendidikan di perguruan tinggi. Sebagaimana telah diketahui, bahwa perguruan tinggi mengemban tiga tugas utama kegiatan akademik, yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang selama ini dikenal sebagai Tridarma Perguruan Tinggi. Ketiga darma tersebut harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh, dan tidak boleh dikotakkotakkan secara terpisah. Oleh sebab itu, untuk memahami hakikat pengabdian kepada masyarakat, diperlukan pemahaman tentang dua darma yang lain. Tanpa melakukan darma pendidikan dan penelitian.

Secara khusus, kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi juga bertujuan untuk memperoleh masukan nyata bagi pengembangan kurikulum di perguruan tinggi yang bersangkutan, agar kurikulum yang diterapkan lebih relevan dengan kebutuhan pembangunan. Dengan pengabdian kepada masyarakat, juga diharapkan dapat meningkatkan kepekaan sivitas akademika terhadap masalahmasalah yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Salah satu hal yang bisa di lakukan dalam pelayanan Masyarakat yaitu dengan berkontribusi dalam merawat serta membersihkan tempat ibadah agar nyaman saat di gunakan oleh Masyarakat umum saat mereka sedang beribadah. Menjaga dan merawat fasilitas umum menjadi tugas dan kewajiban Bersama. Hal ini juga saya lakukan sebagai bukti bahwa saya telah melakukan salah satu kewajibab Tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian Masyarakat dengan melekukan pelayanan membersihkan dan merapihkan Mushola yang ada di dekat kos tempat saya tinggal. Kegiatan itu saya lakukan Bersama sama dengan teman saya agar pekerjaan yang di kerjakan menjadi efektif dan efisien. Adapun hal yang saya lakukan adalah dengan menyapu mushola di bagian dalam maupun luar, kemudian merapihkan dan menata alat sholat seperti mukena, sejadah, sarung  dll. Selain itu saya juga membersihkan bagian tempat wudhu dan kamar mandi dengan menyikatnya menjadi lebih bersih. Melakukan hal tersebut ternyata tidak sulit, ada rasa senang tersendiri karena bisa memberikan kenyamanan pada Masyarakat yang beribadah di mushola tersebut.

 

Daftar Pustaka.

Slamet, M. (Ed.), 1986, Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi, Edisi ke3, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta29, 01-15.

 

0 komentar:

Posting Komentar