19.12.23

PARTISIPASI LOMBA UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI YANG DIMILIKI

 

PARTISIPASI LOMBA UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI YANG DIMILIKI

Essay 5 Psikologi Inovasi

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Pengertian lomba yaitu suatu aktivitas di mana kecepatan (keterampilan, ketangkasan, kepandaian, dll.) diuji atau dipertandingkan, baik melalui kegiatan seperti berlari, berenang, dan sebagainya. Dalam istilah tertentu, perlombaan adalah suatu acara yang diselenggarakan dengan sengaja untuk menentukan pemenang, dan hadiah diberikan kepada pemenang tersebut. Tujuan dari mengikuti perlombaan sendiri adalah mengukur kemampuan diri sendiri dan mencapai pencapaian pribadi serta memberikan motivasi tambahan untuk terus berkembang dan berusaha lebih baik.

 

Sesuai dengan uraian di atas, Saya telah mengikuti dua lomba yaitu lomba pertama adalah lomba fotografi desa wisata dan lomba kedua adalah lomba pantun. Lomba fotografi yang Saya ikuti ini merupakan lomba yang diadakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan tujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi desa-desa yang sudah merintis dan mengembangkan obyek wisata di desanya yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama. Saya mengikuti lomba tersebut dengan mengirimkan dua foto hasil karya Saya yaitu “Senja di Pantai Parangtritis”. Disitu Saya berpendapat bahwa Pantai Parangtritis adalah destinasi wisata romantis yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu berdua dengan kekasih atau pasangan. Terletak di sebuah Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini menawarkan pesona alam yang luar biasa, dengan sentuhan-sentuhan pasir lembut di kaki sembari berjalan-jalan di tepi pantai yang luas. Suasana tenang ombak yang menggulung dan angin laut yang sejuk menciptakan momen-momen romantis serta pemandangan terbenamnya matahari membuat mata dan hati terpukau melihatnya, penuh dengan keindahan dan kehangatan. Pantai Parangtritis adalah tempat yang ideal untuk melupakan segala kekhawatiran dan merayakan cinta bersama pasangan dengan pemandangan alam yang tak tertandingi. Jadi, ajak pasangan kalian untuk berwisata ke desa aja di Pantai Parangtritis dan nikmati keindahan yang romantis. Berikut foto dari hasil karya Saya di Pantai Parangtritis.

                                                                                    


(Lomba Fotografi)

 

 

Lomba kedua yang Saya ikuti yaitu lomba membuat pantun dengan tema “hari guru”, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengapresiasi dan menghargai jasa para guru dalam mengabdi memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para murid-muridnya. Adapun pantun yang Saya buat adalah sebagai berikut :

Di pagi cerah guru datang,

Memberikan ilmu penuh makna.

Pengetahuan tumbuh dan berkembang,

Dengan ilmu, kita terangi masa.

Guru, pahlawan tanpa tanda jasa,

Sebarkan ilmu tanda pengabdian.

Guru teladan panutan yang setia,

Kini harimu untuk dirayakan.

Saya sangat menyukai tantangan, dan dengan mengikuti perlombaan ini merupakan sebuah tantangan bagi Saya untuk selalu termotivasi menjadi lebih baik.

 

REFERENSI :

Ziraluo, M. PENGARUH METODE SIMULASI LOMBA PIDATO BERBAHASA INDONESIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN PIDATO PADA SISWA SMA NEGERI 1 TELUK DALAM. KULTURA, 6948.

Top of Form

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar