19.12.23

Essay 5 partisipasi lomba puisi

 

Essay 5 partisipasi lomba puisi



Psikologi inovasi

Oleh:

Nia Zulkhaini

(21310410097)

Kelas Reguler

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

sebagai seorang mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif dan inovatif, untuk menciptakan pikiran kreatif tentu diperlukan keberanian, keyakinan dan kemauan dari diri sendiri. Berfikir kreatif dapat menciptakan banyak keuntungan baik bagi diri sendiri maupun orang pada sekitar kita. Dengan berfikir kreatif dan disertai dengan ide-ide yang inovatif akan menghasilkan suatu perubahan pada diri.

Banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya mampu untuk berfikir kreatif dan inovatif. Faktor penyebabnya yaitu dari faktor eksternal dan juga faktor internal. Faktor internal yang menyebabkan mahasiswa sulit berfikir kreatif dan inovatif yaitu kurangnya pengalaman, pengetahuan, dan kurangnya keberanian untuk menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan ide tersebut. Faktor eksternal yang menyebabkan mahasiswa sulit berfikir kreatif dan inovatif yaitu lingkungan yang tidak sepenuhnya mendukung, masih sering adanya bullying atau ejekan apabila menciptakan suatu ide baru yang berbeda dengan yang lain.

Keahlian untuk berfikir kreatif dan inovatif perlu untuk dikembangkan sebagai bekal mahasiswa dimasa depan. Karena dalam setiap kehidupan seorang individu tidak akan terlepas dari berfikir kreatif. Dengan berpartisipasi mengikuti lomba mampu meningkatkan berfikir kreatif dan inovatif. Seperti lomba menulis, baik lomba menulis essay, puisi, cerpen, dan pantun.

Kemampuan dalam menulis sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan dalam berfikir secara kritis dan kreatif. Kemampuan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasi oleh seorang mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa yang harus bisa menguasai dan mengasah kemampuan menulis saya memilih untuk berpartisipasi dalam lomba puisi dengan tujuan supaya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan inovatif pada diri.

Lomba yang saya ikuti yaitu terdiri dari dua lomba menulis puisi, lomba pertama dilaksanakan pada tanggal 25 November 2023 dengan tema lomba aku dan sisi introvertku. Puisi yang dikumpulkan  berjudul aku sendiri dan aku tenang. Puisi ini berisi tentang perasaan yang menggambarkan bahwa kesendirian selalu mampu menciptakan rasa nyaman dan juga mampu memulihkan energi atau yang sering disebut dengan sisi introvert.

Lomba kedua yaitu puisi tingkat nasional dengan tema mimpi, dimana puisi yang dikumpulkan berjudul menggapai mimpi tidak harus berlari dan masuk pada 150 karya terbaik dari 1206 peserta yang mengikuti lomba. Lomba puisi tingkat nasional ini dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2023 dan pengumuman pada tanggal 9 Desember 2023 Dengan mengikuti lomba puisi tersebut terbukti mampu mengasah kemampuan menulis yang baik dan mampu menciptakan suatu kegiatan positif yang mampu meningkatkan produktifitas diri.

Dokumentasi:

(Lomba 2) 



(Lomba 1) 




 

Daftar pustaka:

Rani, H. A. D., Dwi, S. S., & Akhmad, N. (2022). Pelatihan literasi menulis bagi mahasiswa universitas ivet. Jurnal Tematik. 4 (2), 221-227.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=menulis+bagi+mahasiswa&btnG=#d=gsqabs&t=1702285537534&u=%23p%3DeCZFa-jYFswJ (Diakses pada 11 Desember, Pukul 15.00 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar