29.12.23

PARTISIPASI LOMBA PUISI MENJADIKAN KITA SADAR AKAN KEMAMPUAN YANG DIMILIKI

 

PARTISIPASI LOMBA PUISI MENJADIKAN KITA SADAR AKAN KEMAMPUAN YANG DIMILIKI

Diah Novita Sari

21310410111

Essay Partisipasi Lomba

Psikologi Inovasi

Dosen pengampu: Dra. Arundati Shinta, M.A.

 



Saat ini banyak manusia yang suka untuk berkompetisi dari yang muda maupun yang sudah berusia lanjut. Kompetisi merupakan proses antara dua orang atau lebih yang saling berlomba untuk mencapai kemenangan. Kompetisi juga biasa diartikan sebagai hubungan antara dua makhluk hidup atau lebih untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan. Sebagai seorang mahasiswa kompetisi bukan suatu hal yang asing untuk dilakukan, sudah sebaiknya sebagai mahasiswa mengikuti kompetisi untuk mengasah kemampuan yang kita miliki agar kemampuan tersebut tidak terbuang atau menghilang. Kompetisi memiliki beberapa manfaat untuk mahasiswa seperti:

a.     Dengan kompetisi mahasiswa dapat menguji seberapa baik ia dalam mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari.

b.     Dapat mengevaluasi kelemahan serta kelebihan kemampuan diri kita.

c.     Dapat memiliki peluang untuk medapatkan wawasan atau pengetahuan yang lebih luas.

d.     Dapat membantu mengarahkan potensi diri.

e.     Dapat mengasah kemampuan untuk bekerjasama dan kolaborasi.

f.      Dapat mennambah relasi.

g.     Memberikan pembuktian serta apresiasi untuk diri.

h.     Sebagai peluan untuk memperoleh penghargaan serta hadian.

Saya sebagai mahasiswa juga telah mengikuti beberapa perlombaan seperti lomba menulis, lomba foto kreatif dan lain sebagainya. Saya mengikuti lomba menulis puisi dua kali dalam satu bulan, dimana pada perlombaan menulis puisi yang pertama saya masuk kedalam 100 karya terbaik dengan tema rindu yang diikuti oleh 2378 peserta. Pada perlombaan puisi kedua saya juga masuk kedalam 100 karya puisi tebaik bertema harapan dengan banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 1738 peserta diseluruh indonesia. Meskipun tidak mendapatkan juara saya tetap merasa senang meskipun hanya masuk ppada 100 karya terbaik karena dengan mengikuti lomba menulis puisi tersebut saya dapat lebih mengetahui kemampuan menulis saya, dengan lomba puisi ini juga menjadikan saya sadar bahwa saya tidak terlalu buruk juga perihal menulis puisi. Awal mengikuti kompetisi ini saya merasa pesimis dan memikirkan bagaimana jika dalam lomba ini saya tidak mendapatkan juara, namun ternyata ketika mengikuti perlombaan menulis itu justru membuat saya lebih percaya pada kemampuan yang saya miliki.

 

Referensi:

https://kumparan.com/berita-update/pengertian-kompetisi-menurut-para-ahli-1xHO3bcer0l/4(diakses pada tanggal 29 Desember 2023, pukul 08.31 wib)

https://ppmschool.ac.id/manfaat-kompetisi/#:~:text=Manfaat%20Kompetisi%20Bagi%20Mahasiswa,dan%20apresiasi%20atas%20diri%20sendiri(diakses pada tanggal 29 Desember 2023, pukul 08.41 wib)



0 komentar:

Posting Komentar