29.12.23

OLAHRAGA (SKIPPING) SEBAGAI BENTUK PERUBAHAN DIRI SECARA POSITIF

 



PSIKOLOGI INOVASI (Essay 6)

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Dalam kehidupan sehari-hari, individu sering kali dihadapkan pada peluang untuk berubah. Entah berubah kearah positif maupun kearah yang negatif. Perubahan diri merupakan suatu proses yang berharga dalam menemukan versi terbaik dari diri sendiri. Perubahan ini bisa muncul dari keinginan untuk meraih tujuan baru, mengatasi hambatan, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Menyadari serta memiliki keinginan untuk berubah adalah langkah awal dalam perjalanan menuju pribadi yang positif. Banyak cara yang dapat dilakukan didalam proses perubahan diri secara positif, salah satunya adalag dengan berolahraga.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan. Olahraga bukan hanya sekadar gerakan tubuh, tetapi merupakan suatu bentuk gaya hidup yang sehat. Dengan berolahraga secara teratur, dapat memberikan dampak yang positif tidak hanya pada kebugaran fisik, tetapi juga pada kesehatan mental. Karena melakukan olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menjaga metabolisme tubuh,  mengurangi stress, menjaga kesehatan mental, meningkatkan mood dan masih banyak lagi.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja adalah olahraga skipping atau lompat tali. Skipping merupakan salah satu bentuk olahraga yang diyakini dapat menambah tinggi badan dan menurunkan berat badan yang melibatkan lompatan dengan tali. Olahraga ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, tanpa perlu peralatan dan tempat yang khusus. Selain itu,  manfaat dari skipping selama 10 menit adalah setara dengan berlari satu mil dalam waktu 8 menit. Olahraga skipping juga memiliki banyak manfaat, yakni dapat membakar kalori, menguatkan oto tubuh bagian bawah, mengurangi risiko jantung dan stroke, meningkatkan kesehatan jantung, menguatkan pedatan tulang, dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya manfaat yang didapatkan, saya memilih olahraga skipping sebagai bentuk perubahan diri saya kearah yang positif, yang sudah saya lakukan rutin sejak beberapa bulan yang lalu. Saya yakin bahwa perubahan diri bisa dimulai dari hal kecil yang dilakukan dengan konsisten yang terukur agar kita dapat melihat kemajuan dan dampak dari perubahan yang kita lakukan. Untuk itu, saya selalu mencatat perkembangan saya saat berolahraga skipping agar saya dapat melihat progress diri saya. Berikut ini adalah hasil dari skipping yang telah saya lakukan

Minggu

1

(22 Okt 2023)

2

(29 Okt 2023)

3

(05 Nov 2023)

4

(12 Nov 2023)

5

(19 Nov 2023)

6

(26 Nov 2023)

7

(03 Des 2023)

8

(10 Des 2023)

Waktu (menit)

60

63

65

72

68

75

77

80

Jumlah

1.090

1.115

1.145

1.150

1.170

1.195

1.200

1.327

*Tabel perubahan diri

*Grafik perubahan diri

Dari tabel tersebut, terlihat bahwa saya sudah melakukan perubahan diri melalalui olahraga skipping selama 8 minggu (2 bulan) yang dimulai dari tanggal 22 Oktober 2023. Saya selalu mengusahakan untuk selalu melakukan olahraga setiap miggunya, agar olahraga skipping ini bisa menjadi kebiasaan saya yang positif. dalam prosesnya, tentu ada banyak hambatan yang muncul, yaitu:

1.     Timbulnya rasa malas, rasa malas terkadang muncul karena olahraga fisik seperti skipping memerlukan stamina yang kuat dan akan membuat tubuh terasa lelah

2.     Timbulnya rasa bosan, karena melakukan aktivitas yang sama dan berulang-ulang setiap minggunya

3.     Munculnya ketidaknyamanan fisik, seringkali karena kurang pemanasan dan terlalu memforsir diri, akan muncul rasa sakit dibagian tubuh tertentu setelah melakukan skipping, terutama pada betis dan tumit kaki

4.     Adanya kesibukan lain, terkadang adanya kesibukan lain membuat saya sedikit kesulitan untuk mencari waktu yang cukup untuk melakukan skipping.

Untuk menghadapi hambatan-hambatan tersebut, saya berusaha menciptakan suasana senyaman mungkin agar saya dapat melakukan skipping dengan baik, seperti dengan memakai pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat, menggunakan tali skipping yang sesuai dengan tinggi badan, memakai sepatu olahraga yang nyaman, sambil mendengarkan musik, menyiapkan air mineral dan minuman yang dingin yang cukup, memperhatikan waktu istirahat, serta sesekali saya melakukan skipping ditempat yang berbeda agar tidak merasa bosan. Dan yang paling penting adalah mencatat dan menetapkan target agar saya selalu semangat dalam melakukan olahraga skipping. Dengan mencatat, saya juga dapat melihat perkembangan saya dan merasakan manfaat dari olahraga yang saya lakukan, saya merasa tubuh saya menjadi lebih segar, berat badan saya menjadi lebih ideal, dan mood saya menjadi lebih baik setelah berolahraga. Sehingga saya memiliki motivasi agar kegiatan skipping ini terus berlanjut karena banyaknya manfaat positif yang saya rasakan.

Foto Kegiatan







 Referensi:

Cahya, K. D., & LEMA, I. R. (2019). Pentingnya Olahraga Dalam Kehidupan Sehari Agar Sehat dan Bugar. Psikologi Kesehatan.

Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat21(79), 1-4.

Ragam info. ( 2023, Juli 10). Pengertian Skipping dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Kumparan. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-skipping-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-20lFv37hAfA

 






0 komentar:

Posting Komentar