29.12.23

Essay 6 perubahan diri : Dengan Berolahraga; Mampu Menciptakan Perubahan Diri?

 

Dengan Berolahraga; Mampu Menciptakan Perubahan Diri?

 


Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Oleh:

Arnoldina Leki

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

 

 

Perjalanan 8 Minggu dengan berolahraga; Mampu membawa perubahan?

 

Mengambil keputusan untuk menjadikan olahraga lari sebagai bagian dari rutinitas harian selama 8 minggu telah membangun proses yang mengubah paradigma saya terhadap kebugaran dan kesehatan secara perlahan. Meskipun awalnya hanya fokus pada jarak 500 Meter sampai 1 kilometer, proses ini memberikan perubahan yang cukup terasa dalam kesehatan fisik, mental, dan emosional.

 

Pada minggu-minggu pertama, setiap langkah lari terasa seperti tantangan yang memberatkan. Namun, dengan ketekunan dan pilihan yang ditetapkan, pola pikir maupun tubuh secara sadar mulai menyesuaikan diri. Jarak yang mula-mula terasa sulit pun menjadi lebih mudah diatasi, selain itu juga memberikan rasa pencapaian yang berkesan karena mampu menempatkan diri pada proses perubahan yang awalnya menjadi tujuan utama.

 

Selain memiliki manfaat fisik seperti memaksimalkan kekuatan kardiovaskular dan stamina, olahraga lari juga memberi dampak positif pada kesehatan mental. Adapun situasi saat lari menjadi waktu di mana bisa digunakan untuk mengosongkan pikiran, atau merenung, yang terutama adalah melepaskan stres, di mana setelahnya dapat menjadi lebih segar. Maka dari hal ini membuktikan bahwa olahraga lari bukan hanya membentuk tubuh, melainkan juga mampu membantu menjaga kesehatan pikiran.

 

Prosedur berolahraga yang dibuat awalnya menjadi rutinitas yang cukup memberatkan. Meskipun, hal ini dilakukan sekali dalam seminggu di mana minggu pertama yang diawali dengan jarak 500 meter, kemudian minggu-minggu selanjutnya yang semakin terasa melelahkan, namun dalam situasi tersebut dampak positif yang dirasakan sesuai dengan lelah yang didapat. Menjadi lebih konsisten, terbiasa untuk bertanggung jawab di setiap minggunya dalam menjalani olahraga, hingga terbiasa untuk melakukan aktivitas lain seperti berjalan kaki, yang mana sebelumnya mengendarai motor lebih memilih untuk berjalan kaki dalam jarak yang dekat maupun jauh.

 

Selama melaksanakan olahraga lari proses ini memberikan perubahan baru seperti mengajarkan tentang kedisiplinan dan konsistensi yang ada di dalam diri kita sejauh mana. Dengan membuat jadwal rutin, yang bertujuan dapat belajar untuk terus berkomitmen pada hal-hal yang disepakati dan tidak mengesampingkan kewajiban untuk menjaga kesehatan tubuh. Perubahan ini terus berlanjut sehingga tidak hanya memengaruhi gaya hidup saat berolahraga, namun mampu mengalir ke aspek lain dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Di bawah ini merupakan tabel dari olahraga yang dilakukan selama 8 Minggu dengan jarak dan waktu yang ditentukan.

 

Minggu

Jarak

Waktu

M1

500

20 Menit

M2

1 Km

1 Jam

M3

1.5 Km

1 Jam

M4

2.5 Km

40 Menit

M5

3 Km

1 Jam

M6

2.5 Km

45 Menit

M7

2 Km

45 Menit

M8

3 Km

1 Jam

 

 

Sampai pada akhir perjalanan 8 minggu, bentuk dari dampak positif yang luar biasa ini tercipta dari keputusan sederhana untuk melibatkan diri dalam olahraga lari. Dari meningkatnya kondisi fisik hingga kestabilan emosional, dari proses yang ada di setiap lintasan lari tampak membantu secara individu menjadi lebih baik secara perlahan. Ini adalah bukti bahwa konsistensi, niat, dan tekad membawa perubahan diri dalam hidup yang dampaknya terasa lebih nyata.

0 komentar:

Posting Komentar