28.12.23

meningkatkan produktivitas dengan cara berpartisipasi mengikuti perlombaan

 


ESSAY 5 PARTISIPASI LOMBA

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Nama :Ade Diah Palupi

NIM : 21310410081

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Mengasah keterampilan dengan cara mengikuti lomba merupakan hal yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan diri. Pengembangan diri merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk membentuk potensi, bakat, sikap, perilaku dan kepribadiannya guna memenuhi kebutuhan ekspresi diri agar mampu bersaing dan berkinerja lebih baik. Pengembangan pribadi juga dikenal sebagai pengembangan pribadi. Hal-hal yang berkaitan dengan  pengembangan diri  tidak Anda dapatkan di sekolah, namun Anda mendapatkannya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengasah bakat dan keterampilan  atau  kegiatan lainnya. Pengembangan pribadi dapat menjadi cara untuk mendapatkan pekerjaan impian, sarana kemajuan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kita sebagai individu.Dengan pengembangan diri, kemampuan kita  bertambah dan ini akan memperkaya CV kita. Selain itu, meningkatkan kemampuan kita juga dapat meningkatkan kualitas pekerjaan kita.

Dalam meningkatkan kualitas diri saya mengikuti 2 perlombaan yaitulomba membuat pusisi cerpen dan quotes dan lomba menulis puisi dalam rangka hari ibu.pada lomba  puisi ,cerpen dan quotes ini di selenggarakan oleh organisasi pemuda se kab pesawaran provinsi lampung dalam rangka dies natalis ke 10 tahun.lomba ini di pinpin langsung oleh ketua organisasi pemuda yaitu bapak Adi Kurniawan S.H. lomba ini bertujuan untuk meningkatkan minat dalam menulis di kalangan remaja.pada lomba ini saya mengikuti perlombaan membuat quotes. Di lomba selanjutnya yang di selenggarakan oleh forum literasi anak Indonesia yaitu lomba cipta puisi dalam rangka hari ibu pada tanggal 22 desember 2023.lomba ini di pimpin langsung oleh bapak simron hadi selaku ketua pelaksana dalam lomba ini. Lomba ini di adakan guna meningkatkan minat baca generasi muda serta ikut memeriahkan hari ibu.

Sebagai generasi z sepatutnya kita untuk tidak bermalas malasan dan terlarut di dalam dunia maya .mengikuti lomba untuk menambah produktifitas diri sanagat lah dianjurkan selain relasi kita juga kan mendapatkan pengalaman dalam dunia kompetisi. Kita juga dapat menemukan potensi potensi baru yang baru kita ketahui di dalam diri.hal ini menunjukan bahwa keluar zona nyaman untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang aktif bukanlah suatu yang menakutkan.


lomba 1

lomba 2

DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar