28.12.23

Essay Prestasi Psikologi Inovasi, dosen pengampu: Arundati Shinta. Tiyana Arum Sari / 21310410073

 Pelayanan Masyarakat

Perjalanan dalam membangun sebuah Desa pasti akan banyak sekali tantangan dan hambatan. Oleh sebab itu harus ada komitmen dan dorongan dari hati kita dalam berjuang membangun desa kalau dalam istilah kita gagal bangkit lagi yaitu terus berani mencoba dan tekad besar untuk sampai terwujud mental itulah yang harus selalu ada pada diri setiap pemuda. Pemuda -pemudi adalah kalangan remaja yang beranjak dewasa yang aktif dalam bermasyarakat. Organisasi pemuda desa adalah organisasi yang berada dan bekerja secara gerakannya dalam lingkup desa itu sendiri dan sangat besar untuk menciptakan pembangunan yang berorientasi pada masyarakat. Pasal 1 ayat 1 UU Kepemudaan menyebutkan “Pemuda adalah warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun”.

Ada beberapa peran pemuda yang bisa dilakukan dalam membangun desa yaitu: Pertama, pemuda bekerjasama denganbeberapa tokoh masyarakat dan perangkat desa yang ada disekitar kita agar terjadi kesinambungan antara golongan muda dengan para tokoh masyarakat supaya tercipta rasasaling memahami dengan apa yang ingin dicapai gerakan para pemuda di Desa. Juga dalam hal ini perangkat Desa harus terlibat membimbing dan memberikan pelajaran tentang organisasi kepemudaan supaya segala permasalahan yang timbul dapat diatasi secara cepat dan tidak menimbulkan polemik.

Kedua, pemuda bersinergi dengan para pemuda – pemuda yang ada di desa dan mendorongnya untuk terlibat aktif dalam organisasi yang ada dalam lembaga kemasyarakatan desa dengan tujuan membangun visi dan misi yang sama yaitu dengan tujuan siap membangun Desa, disini diperlukan pemuda yang siap untuk terjun langsung dilapangan yang selalu semangat mengajak pemuda lain untuk mengajaknya menyalurkan kreasi dan ide serta gagasan mulai dari aspek olah raga, kesenian dan wirausaha dengan harapan ketika organisasi dalam suatu desa terlihat aktif maka desa akan terlihat banyak kegiatan yang terlaksana.

Ketiga, pemudamemaksimalkan perkembangan IPTEK. Perkembangan teknologi yang sangat cepat dalam beberapa tahun ini harusnya bisa menjadi modal berharga untuk dimaksimalkan dan diterapkan dalam beberapa hal yang menunjang pembangunan desa, bisa dijadikan alat untuk membrending kegiatan Desa, memperkenalkan produk unggulan dari masyarakat desa dan juga bisa dijadikan lahan untuk ketrampilan para pemuda seperti pelatihan desain grafis, editing video serta media sosial untuk alat komunikasi.

Keempat, pemuda harus mengawasi dan mengontrol segala macam kebijakan ataupun pembangunan yang akan atau sedang dilakukan oleh desa. Karena ide dan gagasan dari pemuda umumnya tidak memiliki kepentingan pribadi ataupun golongan sehingga peran pemuda dalam hal ini sangat penting dilakukan supaya kebijakan dan pembangunan yang dilaksanan desa sejalan dengan tujuan Desa.

Dari uraian di atas, maka penulis berpesan agar setiap pemuda menjadi pribadi yang berdedikasi tinggi dalam memajukan dan membangun Desa. Semangat juang harus tetap menyala dalam hati, karena hanya dengan usaha dan pengorbanan yang sungguh-sungguhlah kita dapat mewujudkan perubahan yang positif.

Dalam organisasi pemuda-pemudi lazim diadakannya pertemuan rutin dibarengi dengan arisan dan game setiap satu bulan sekali. Untuk tempat bergilir. Sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat saya memfasilitasi pertemuan rutin tersebut. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin muda mudi yang bertujuan untuk ajang silaturahmi sesama anggota pemuda pemudi. Dalam pertemuan tersebut membahasan berbagai rencana kedepannya dan masalah-masalah yang belum terselesaikan sebelumnya. Acara tersebut berlangsung sekitar 2 jam.







0 komentar:

Posting Komentar