18.12.23

MENINGKATKAN POTENSI DIRI DENGAN BERPARTISIPASI MENGIKUTI LOMBA

 MENINGKATKAN POTENSI DIRI

DENGAN BERPARTISIPASI MENGIKUTI LOMBA

Essay 5 ( Partisipasi Lomba )

Bella Azahar Br Tarigan

NIM : 21310410033

Kelas Reguler/ Semester 5

Dosen Pengampu : Dr.Dra.Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas 45 Yogyakarta 




Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian lomba adalah (1). adu kecepatan (berlari, berenang, dsb). (2). adu ketrampilan (ketangkasan, kekuatan dsb). Lomba juga merupakan kompetisi atau perlombaan dalam berbagai bidang pengetahuan, keterampilan, atau olahraga yang dilakukan antara individu atau kelompok dengan tujuan untuk memperebutkan gelar, penghargaan, atau hadiah. Beberapa hal yang terkait dengan lomba antara lain:

a. Persiapan: Peserta perlu melakukan persiapan yang matang sebelum mengikuti lomba. Persiapan ini dapat berupa penelitian, pemahaman konsep, latihan, atau pencarian informasi terkait dengan lomba yang akan diikuti.

b. Pendaftaran: Peserta harus mendaftar untuk mengikuti lomba sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh penyelenggara. Biasanya, pendaftaran meliputi pengisian formulir, pembayaran biaya pendaftaran, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

c. Waktu dan tempat: Lomba akan diadakan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Informasi ini biasanya terdapat dalam pengumuman resmi atau surat undangan.

d. Cakupan lomba: Lomba dapat memiliki berbagai macam cakupan, misalnya hanya terbatas bagi peserta dari suatu wilayah, instansi, atau kelompok tertentu. Hal ini ditentukan oleh penyelenggara berdasarkan kepentingan dan target audiens yang ingin dicapai.

e. Kriteria penilaian: Setiap lomba memiliki kriteria penilaian yang berbeda, tergantung pada jenis lomba dan tujuan serta standar yang ingin dicapai oleh penyelenggara. Kriteria penilaian ini biasanya diumumkan secara transparan agar peserta dapat mengetahui apa yang dinilai dan mengarahkan persiapan mereka ke arah yang sesuai.

Pada kesempatan kali ini saya mengikuti dua lomba, yaitu: Lomba membuat puisi dan lomba lari santai dengan jarak tempuh 5 Km. Lomba puisi saya ikuti di bulan November dan lomba lari saya ikuti di bulan Oktober.

1. Lomba Puisi

Puisi adalah suatu bentuk karya sastra yang mengungkapkan ekspresi dan perasaan penyair melalui penggunaan bahasa yang terikat dengan irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta mengandung makna yang kaya. Dalam puisi, penyair mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan imajinasi, dan disusun dengan fokus pada kekuatan bahasa beserta struktur fisik dan batinnya. Lomba puisi yang saya ikuti kali ini bertemakan "Puisi Sedih" sehingga terciptalah karya saya dengan judul "Cita dan Cinta". Cerita pengalaman dan perjalan hidup yang telah saya lalui kemudian saya ubah kedalam sebuah puisi, dimana terdapat suka dan duka yang membuat puisi tersebut sesuai dengan tema yang ada. Lomba ini diselenggarakan oleh Media Puisi Indonesia, infonya saya dapat melalui laman Instagram @puisindo, yang pendaftarannya dibuka pada 29 November - 12 Desember 2023. Pengumuman lomba puisi ini pada 15 Desember 2023.

2. Lomba Lari jarak 5 Km

Olahraga lari adalah aktivitas fisik yang melibatkan gerakan kaki secara berulang-ulang untuk menjalankan tubuh dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kecepatan tertentu. Olahraga ini umumnya dilakukan di luar gedung atau di tempat-tempat terbuka seperti jalan raya, arena lari, atau trek lari. Untuk perlombaan lari yang saya ikuti diadakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ( KOPMA UNY ). Lari tersebut menempuh jarak 5 Km dan bertempat di GOR Klebengan UNY pada tanggal 08 Oktober 2023. Peserta dalam perlombaan lari ini mencapai dua ribu peserta dari berbagai kalangan, baik Mahasiswa,pelajar,maupun masyarakat umum.

Dengan mengikuti perlombaan, kita akan belajar banyak hal baru seperti; Rasa percaya diri yang meningkat, pengalaman dan relasi baru, keterampilan dan pengetahuan yang meningkat, motivasi dan semangat yang meningkat, serta pembelajaran dari sebuah kegagalan. Disamping itu melalui kegiatan lomba ini membuat rasa percaya diri saya lebih meningkat, karena ketika berhasil meraih prestasi dalam lomba, kita akan merasa lebih percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang kita miliki. Hal ini dapat membantu dalam menghadapi situasi atau tantangan lain di masa depan.

Daftar Pustaka

Ziraluo, M. PENGARUH METODE SIMULASI LOMBA PIDATO BERBAHASA INDONESIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN PIDATO PADA SISWA SMA NEGERI 1 TELUK DALAM. KULTURA, 6948.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).


0 komentar:

Posting Komentar