19.12.23

Perubahan Diri, Dengan Melakukan Olahraga Membuat Badan Sehat Dan Bonus Berat Badan Turun.

Essay 6 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh : Indarti wahyuningsih (21310410052)

Kelas : Karyawan SP

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Mengubah diri menjadi lebih baik mungkin tidak mudah bagi semua orang. Masih banyak orang yang malas melakukan perubahan pada dirinya, seperti malas melakukan aktifitas ketika memiliki waktu luang, malas berolahraga, sibuk dengan aktivitas sehari-hari, membuang-buang waktu, bahkan ada yang merasa malas karena melakukan olahraga adalah suatu hal yang melelahkan ketika di lakukan setelah melakukan aktifitas.Olahraga tidak membuatmu merugi, jika melakukan olahraga yang kita ketahui, olahraga memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan yang dapat kita rasakan Manfaatnya seperti badan semakin fit, yang tadinya badan terasa mudah lelah atau kurang fit, meningkatkan daya tahan tubuh yang tadinya mudah terserang penyakit karena olah raga sangat berkaitan metabolisme tubuh, berat badan ideal yang tadinya berat badan naik drastis karena kurangnya aktifitas fisik dan masih banyak manfaat lainnya yang dapat kita rasakanm ketika melakukan olahraga.

Olah raga yang paling mudah dilakukan oleh adalah lari atau sering disebut jogging karena jogging merupakan olah raga yang paling murah bahkan bisa gratis, padahal lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sama seperti lari di taman, di gedung olah raga yang di buka untuk umum atau bahkan di lingkungan sekitar, jogging bisa menjadi ritual harian yang menyegarkan. Tidak seperti olahraga lain yang mungkin memerlukan peralatan khusus atau keanggotaan gym, jogging tidak membebani dompet Anda. Hanya bermodal sepatu yang nyaman dan pakaian yang tepat, siapa pun bisa memulai perjalanan menuju gaya hidup sehat.

Saya melakukan jogging seminggu 1 sekali, saya hanya melakukannya pada hari Sabtu atau Minggu saat senggang waktu bekerja tidak begitu padat saya meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas olahraga. Jadwal lari saya adalah pukul 16:20 WIB, biasanya saya pulang kerja di hari weekend pada pukul 16:00 WIB, lalu bersiap-siap dan bersiap untuk berlari tidak melakukan lari saja saya juga melakukan olahraga ringan senam lewat youtube selama 15 menit dalam waktu 2 kali seminggu. Untuk joging biasanya jalur lari setiap sore dimulai dari belakang rumah kebetulan ada jalanan sepi seperti perbukitan saya memilih olahraga di sini karena jalur yang lalui sepi dan saya mendapat bonus pemandangan yang hijau ketika melewatinya.

    Perubahan diri ini saya lakukan secara konsisten selama 8 minggu berturut-turut. dan mengurangi makan yang manis - manis, makanan instan dan konsisten melakukan perubahan diri dan mendapatkan bonus berat badan turun 4 kg, Mungkin 8 minggu bukanlah waktu yang singkat dan tidak lama, tapi saya bisa berlari secara konsisten dari tanggal 29/10 hingga 17/12/2023. Saya hanya menambahkan durasi waktu beberapa menit setiap minggunya dan menambah kecepan sedikit dalam berlari.


            Perubahan diri yang saya lakukan berdampak positif bagi kesehatan saya terutama saya mendapatkan perubahan gaya hidup mengurangi makanan yang berminyak, mengurangi gula, lebih senang makan bernutrisi. Flasback yang dilakukan berat badan turun, tidak mudah lelah, perasaan mood lebih baik, tidur yang tadinya terganggu bisa tidur lebih cepat. proses perubahan diri membuat saya semakin positif yang tadinya suka menunda - nunda saya lebih belajar memperbaiki diri untuk melakukan aktifitas yang tadinya saya tunda segera saya lakukan sesegera mungkin, yang tadinya overthingking lebih berfikir secara positif dan masih banyak manfaat yang saya raskan atas perubahan diri ini. Proses dari perjalan ini sangat berefek positif dan saya terus melakukan karena banyak perubahan segnifikas yang saya rasakan.

0 komentar:

Posting Komentar