29.12.23

Melakukan Perubahan Diri

 Psikologi Inovasi

Tugas Esai 6

Melakukan Perubahan Diri

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Ahmat Ramadanil – 21310410077


Psikologi Inovasi merupakan studi yang mempelajari tentang bagaimana individu dan kelompok menghasilkan, mengadopsi, dan menyelesaikan ide-ide baru untuk dapat berpikir kreatif dan berprilaku inovatif. Psikologi Inovasi dapat membantu kita untuk memahami bagaimana setiap individu dapat melakukan perubahan dalam dirinya masing-masing. Salah satu perubahan diri yang dapat lakukan dalam Psikologi Inovasi adalah dengan melakukan perubahan diri yaitu jogging dalam jangka waktu 8 minggu lamanya. Jogging berasal dari bahasa inggris yang diartikan yaitu bergerak maju dengan setengah berlari ditambah dengan kecepatan yang lebih tinggi dari berjalan kaki seperti orang-orang pada umumnya. Jogging juga dapat diartikan satu jenis keterampilan yang melibatkan proses pemindahan posisi tubuh dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan gerakan yang lebih cepat dari melangkah.

 

Yang menjadi permasalahan dalam melakukan perubahan diri ini biasanya disebabkan adanya rasa mood yang sulit untuk dikendalikan, mudah kena cedera, mudah kelelahan bagi mereka yang memang jarang olahraga, penggunaan teknik lari yang tidak benar dan salah dapat menyebabkan ketidaknyamanan berlari, perlengkapan saat berolaraga yang tidak lengkap dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, kesulitan bernafas disaat berlari di lingkungan dengan polusi udara yang tinggi, hilangnya motivasi atau kebosanan dapat mengurangi konsistensi dalam berlari, serta lari dapat menjadi lebih sulit jika ada tekanan atau stress yang dapat mempengaruhi pikiran dan seluruh tubuh pelari.

Jogging juga memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh, misalnya seperti meningkatnya fungsi jantung dan peredaran darah juga mengurangi risiko penyakit jantung, membantu meningkatkan kebugaran fisik, dapat menjadikan salah satu cara efektif untuk membantu mengontrol berat badan, berpotensi mengurangi tingkat stres, meningkatkan kesejahteraan mental melalui pelepasan endorfin, berkontribusi pada perbaikan mood dan kesejahteraan mental secara keseluruhan, memberikan rangsangan positif pada kepadatan tulang, membantu mencegah osteoporosis, serta meningkatkan aktivitas fisik teratur.

Dalam kurun waktu selama 8 minggu saya pernah melakukan perubahan diri dengan cara memberikan hal yang positif dalam tubuh saya, misalkan sebagai contohnya adalah jogging dengan rutin setiap seminggu sekali. Saya pun mendata jadwal perubahan diri itu dengan menggunakan durasi lari yang harus terus meningkat setiap minggunya.

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

5 menit

10 menit

15 menit

20 menit

25 menit

30 menit

35 menit

40 menit

J

0,66 KM

1,55 KM

1,77 KM

2,96 KM

3,48 KM

4,28 KM

5,14 KM

6,02 KM

Ket: M = Minggu      W = Waktu    J = Jarak

Alasan saya gemar melakukan kegiatan jogging adalah kebiasaan yang banyak orang nikmati dan juga memiliki beberapa alasan, misalnya seperti menjaga kesehatan jantung, fisik yang stabil karena suka jogging, meningkatkan kesehatan mental,  serta melakukan kegiatan jogging itu memiliki waktu refleksi dan meditasi pribadi. Dalam melakukan kegiatan peningkatan perubahan diri dari minggu ke minggu sangatlah tidak mudah, sebab butuh dorongan terhadap diri sendiri untuk melakukan jogging lagi. Yang dulunya saya jogging hanya sebulan sekali, tetapi dengan adanya Psikologi Inovasi ini membuat saya harus melakukannya seminggu sekali dengan tujuan untuk memberikan pengaruh positif buat diri saya pribadi.

 

 

Daftar Pustaka :

Saputro, D. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Aerobik Treadmill dan Jogging Terhadap Peningkatan Vo2 Max Ditinjau dari Kelompok Umur (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).



0 komentar:

Posting Komentar