29.12.23

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) INOVASI

 ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)  

Menjadi Positif untuk Perubahan Yang Berkelanjutan 

Edwin Kurniawan Wijaya

Nim: 21310410047

Kelas Karyawan SJ

Mata Kuliah Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 

Persepsi merupakan kemampuan panca indera dalam menerjemahkan stimulus atau proses untuk menerjemahkan stimulus yang masuk ke dalam alat indera manusia . Persepsi manusia terdapat perbedaan sudut pandang dalam penginderaan yang mempersepsikan sesuatu itu baik atau persepsi yang positif maupun persepsi negatif yang akan mempengaruhi tindakan manusia yang tampak atau nyata Sugihartono(2007) Memandang persepsi dapat dari dua sisi tergantung bagaimana kita menyikapinya. Ada yang merasa olahraga membuat orang tersiksa tetapi tak jarang juga membuat orang bahagia dengan aktivitas yang olahraga yang dilakukan. Orang yang awalnya jarang berolahraga pasti menganggap olahraga membuat badan sakit karena mereka belum merasakan manfaat olahraga yang sebenarnya. Berbeda dengan pandangan orang yang suka berolahraga menganggap hal itu menyenangkan. Olahraga dapat membuat orang cepat tidur pulas tanpa terbangun di tengah malam jadi tidur lebih berkualitas. Karena memang kita sudah merasakan lelah pada saat olahraga dan tidur menjadi pulas. 

 

Mengenai instruksi dosen untuk melankasanakan olahraga rutin selama 8 minggu dengan minimal 1 jam perhari respon saya kaget dan merasa hal yang berat untuk di lakukan. Karena saat ini sudah jarang untuk melakukan aktivitas olahraga sehingga untuk memulai lagi perlu kemauan yang tinggi dan progres apa yang akan di dapatkan, terlebih lagi mengerjakannya secara rutin selama 8 minggu. Tetapi banyak sisi positif yang akan di dapatkan jika sudah memuali rutin berolahraga seperti badan tidak mudah lelah, meningkatkan kesehatan jantung , membakar kalori dan sebagainya. Apalagi saya memilih olahraga lari yang sudah saya buktikan sangat bagus untuk menurunkan berat badan dengan olahraga ini. Karena olahraga dengan rutin berlari dapat mrmpercepat metabolisme tubuh dan kalori yang di bakar cukup banyak dengan di imbangi menjaga pola makan. Dalam 8 minggu berat badan saya dapat berkurang 4 kilo. Setelah kegiatan olahraga selama 8 minggu tersebut menjadikan saya sadar pentingnya olahraga teratur. Tetapi jika Anda berhenti berlari, berat badan biasanya cenderung mudah untuk naik lagi. Alangkah lebih baik jika menggabungkan 2 kombinasi olahraga yaitu lari dengan angkat beban untuk menjaga otot, sehingga kehilangan berat badan cenderung berasal dari lemak daripada otot. Dengan di imbangi 2 kombinasi olahraga tersebut akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Kegaiatan olahraga rutin dapat menjadi pola hidup sehat dapat di dacapi dengan beberapa kunci. Menjadwalkan ulang waktu olahraga menjadi 1 minggu 2 kali selama 30 menit. Supaya tidak terlalu lama berolahraga. Kemudian mencar dukungan teman olahraga untuk menjadi motivasi supaya rajin berolahraga dan tidak mudah berhenti di tenggah jalan. Tidak lupa juga jangan terlalu keras kepada diri karena lebih baik progress kecil tetapi konsisten dalam jangka waktu panjang dari pada progress besar tetapi tidak konsisten Menjaga konsistensi dalam olahraga adalah fondasi utama dalam mencapai kesehatan yang optimal. Latihan teratur tidak hanya membentuk kebiasaan positif tetapi adalah investasi tubuh jangka panjang. Dengan melakukan olahraga yang disukai akan dilakukan dengan senang hati bukan sebagai beban. Apalagi dengan olahraga yang bervariasi akan mebuat tidak cepat bosan untuk melakukannya. 

 

 

 

Sugihartono, at all. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar