13.12.23

essay prestasi - clarita savdurin - Bergerak Aktif Mendukung Kegiatan Kampus Melalui Panitia Natal Mahasiswa Kristen UP45


Esai Prestasi

 

Bergerak Aktif Mendukung Kegiatan  Kampus Melalui Panitia Natal Mahasiswa Kristen UP45

Clarita Savdurin

Nim: 21310410031

Kelas Reguler A

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Potret Sie Usaha Dana di Kegiatan Bazar (25 November 2023)

Menjadi mahasiswa adalah sebuah proses yang panjang dan banyak lika-liku yang harus dihadapi oleh setiap insan yang duduk di bangku perkuliahan. Pada fase ini bukan lagi tentang datang belajar dan setelah itu kembali lagi ke rumah, namun pada tahap ini sebagai mahasiswa hendaknya mengisi waktu yang ada dengan berbagai kegiatan yang dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya baik hard skill maupun soft skill. Berprestasi tak selalu harus prestasi akademik seperti perlombaan ilmiah, olimpiade, debat dan sebagainya,  namun juga prestasi non-akademik seperti mengikuti kegiatan social kemanusiaan dan kegiatan-kegiatan lain seperti olahraga dan sejenisnya. Bagi Sebagian orang ini mungkin menjadi hal yang tidak terlalu penting, namun dibalik itu menjadi mahasiswa yang berprestasi memberikan banyak dampak positif bagi individu yang melakukannya.

Saya salah satu individu yang percaya bahwa berprestasi bukan hanya sebagai formalitas belaka di dunia pendidikan untuk menunjang nilai akademik, namun bagi saya berprestasi merupakan kewajiban bagi diri saya untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang saya dapatkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Saya telah banyak mengejar prestasi akademik semenjak di sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas, dan setelah duduk di bangku perkuliahan saya mulai banyak mengejar prestasi non-akademik di bidang social dan kemanusiaan. Semenjak duduk di bangku perkuliahan saya mencoba mengikuti organisasi mahasiswa yang ada di kampus dan juga beberapa kegiatan mahasiswa lainnya, seperti salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kristen di kampus yaitu dengan mengadakan natal mahasiswa Kristen di Universita Proklamasi 45 Yogayakarta. Jika pada tahun kemarin saya hadir hanya sebagai pengisi acara, maka tahun ini saya terjun langsung menjadi panitia natal dengan mengisi Sie Usaha Dana (USDA). Mungkin bagi beberapa orang ini adalah hal yang biasa, namun bagi saya dengan menjadi panitia natal tahun ini membuat saya mengasah beberapa kemampuan saya seperti time management, kemampuan komunikasi, marketing, dan juga kerjasama dalam team.

Sabtu 25 November 2023, merupakan salah satu hari saya bersama teman-teman sie usaha dana melakukan tugas kami yaitu dengan mengikuti kegiatan bazar yang diadakan oleh  bagian Kemahasiswaan UP45. Kegiatan bazar yang diikuti oleh semua HM/UKM ini membuat setiap kami harus bisa menpromosikan produk yang kami jual ini agar dapat menarik pembeli ke stand bazar kami. Selain kegiatan kami sebagai bagian dari sie usaha dana, saya juga turut bersama dengan teman-teman lain mengikuti berbagai rangkaian acara yang menjadi proses kami panitia menuju perayaan natal ini. Mulai dari rapat rutin yang membahas berbagai hal seperti pencahrian dana melalui penyebaran proposal dan sponsorship, serta penjualan produk dari sie usaha dana. Selain itu, juga membahas persiapan tallent yang akan bertugas pada perayaan natal nanti dimana saya juga akan turut serta mengambil bagian sebagai tallent. 

Itulah salah satu kegiatan yang bagi saya merupakan pengabdian saya sebagai seorang mahasiswa untuk turut bergerak aktif dalam mendukung kegiatan yang ada di kampus sebagai bentuk pengembangan diri saya sebagai mahasiswa.

 

Referensi:

Dita Choirunnisa, By, & Choirunnisa, D. (2021, January 6). Dita Choirunnisa. kompas muda. https://muda.kompas.id/baca/2021/01/06/prinsip-buat-mahasiswa-untuk-meraih-prestasi/

0 komentar:

Posting Komentar