28.12.23

Essay Prestasi Bertukar Sementara Bermakna Selamanya- melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas SJ / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta,

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3  dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), PMM membuka kesempatan bagi mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1 untuk bertukar kampus selama satu semester di lebih dari 200 Perguruan Tinggi Penerima (PT Penerima) sekaligus merasakan berbagai pengalaman dalam selama periode program.

Program PMM sendiri adalah salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek sebagai bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Terdapat pembelajaran khusus tentang keberagaman nusantara yang difasilitasi dalam mata kuliah dari PT Penerima bagi peserta PMM, yaitu Modul Nusantara. Modul Nusantara terdiri atas 16 aktivitas yang mengusung empat tema utama, yaitu kebinekaan, inspirasi, refleksi, serta kontribusi sosial. Selain itu, mahasiswa juga dapat memilih mata kuliah lain untuk memperluas perspektif dan wawasan akademis serta memperdalam pengetahuan tentang bidang tertentu.

Sama seperti program MBKM lain, peserta program ini juga akan mendapat rekognisi di kampus asal mereka dengan nilai kredit hingga 20 satuan kredit semester (sks) dalam satu semester. Tidak hanya pengakuan SKS, terdapat setidaknya 2 manfaat yang diperoleh peserta, yaitu sertifikat dari Kemendikbudristek dan bantuan biaya hidup (living allowance) selama satu semester.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah impian banyak mahasiswa di Indonesia. Tahun 2023 adalah tahun bersejarah bagi saya, Maliqazuhra Iqbal, karena berhasil lolos dalam program Kampus Merdeka dan berkesempatan mengikuti pertukaran mahasiswa Merdeka di salah satu PTS terbaik di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yakni Universitas Muhammadiyah Aceh yang terletak di Kota Banda Aceh. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Program ini memberikan aku banyak sekali pelajaran,pengalaman, dan momen yang luar biasa.

Kesan spesifik saya dengan mengikuti kegiatan PMM3 di UNMUHA yaitu saya mendapatkan ilmu pengetahuan tidak hanya secara akademik tetapi, juga secara non akademik. Saya belajar mengenai banyak hal seperti bagaimana berkomunikasi dengan saling menghargai dan berempati terhadap berbagai perbedaan seperti suku, agama, ras, dan budaya. Selain itu, di dalam progam ini, kami didukung penuh baik itu secara akademik, non akademik, finansial, dan emosional dari seorang dosen Modul Nusantara Kelompok 1 Teuku Nyak Arief yang sangat luar biasa, yaitu Bapak Dr. Nuzulman, S.E., M.Si. beserta seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Aceh.

Saya berharap ilmu dan kesempatan yang saya terima dari program ini dapat memberikan dampak positif di kedepan harinya, semoga program ini tetap ada terus dan memberikan kesempatan yang luar biasa kepada mahasiswa lainnya.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memiliki slogan yakni:

-Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya-


 

0 komentar:

Posting Komentar