28.12.23

Berpartisipasi Mengikuti lomba menulis Puisi

 

Psikologi Inovasi

ESSAY  5 PARTISIPASI LOMBA

Binti Nadhifah 

2131O410118


Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Proklamasi 45

Yogyakarta

Pada tanggal 27 Desember Dewantara mengadakan lomba menulis puisi yang bertema "Harapan" untuk menyambut tahun baru 2024, adapun pengumuman pemenang lomba tersebut pada tanggal 13 Januari 2024, Puisi yang saya tulis berjudul " Sebutir Asa di atas Sajadah" 

Sejalan dengan tugas psikologi inovasi dengan mengikuti lomba menulis puisi memotivasi saya untuk bersemangat dalam mengikuti kompetisi karena terdapat beberapa manfaat diantaranya Meningkatkan daya kerja otak

Berkompetisi dapat mendorong dan memotivasi seseorang untuk terus haus ingin belajar dan menang. Hal ini tentu berdampak pada diri personal untuk berkembang menjadi lebih baik. Ketika sedang berkompetisi, daya kerja otak kita akan semakin meningkat karena terus didorong untuk berpikir tentang strategi-strategi ampuh yang dapat dipergunakan dalam memenangkan persaingan atau kompetisi. Setelah berhadapan dengan kesibukan kompetisi dan berhasil memenangkannya, maka otak akan semakin termotivasi untuk terus mengalami kemenangan dalam kompetisi.

Meningkatkan motivasi

Ketika di dalam sebuah kompetisi, salah satu perasaan yang timbul di dalam benak setiap orang adalah menjadi yang terbaik. Namun sebelum mampu bersaing, seseorang itu harus berusaha untuk menjadi lebih baik dari kondisi diri yang sebelumnya. Hal tersebutlah yang mendorong motivasi seseorang untuk menjadi terus maju dan berkembang lebih baik setiap harinya.

Meningkatkan produktivitas

Kompetisi juga berguna untuk meningkatkan produktivitas. Seseorang yang sedang berkompetisi nantinya akan menghabiskan banyak waktu untuk berusaha. Semangat kompetisi juga akan mampu mendorong seseorang untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, tanpa melakukan sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan. Dengan begitu, hasil pencapaian yang diperoleh bisa lebih baik dari sebelumnya.

kompetisi dapat menjadi bentuk uji ilmu yang telah dipelajari. Kegiatan perkuliahan biasanya didominasi dengan mendengarkan materi yang disampaikan dosen. Dengan mengikuti kompetisi, mahasiswa dapat menguji seberapa baik dirinya dalam mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari.

kompetisi dapat membantu mengevaluasi kelemahan dan meningkatkan keterampilan. Tahapan penilaian atau penjurian dapat menjadi ajang untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari karya yang dihasilkan. Selain itu, publikasi karya di kompetisi dapat memberikan peluang untuk mendapat wawasan baru dari sudut pandang yang berbeda.

mengikuti kompetisi dapat membantu mengarahkan potensi diri. Dengan mengikuti kompetisi, mahasiswa dapat lebih memahami kemampuan yang bisa dikembangkan lebih jauh, terlebih dengan minat yang tinggi. Atau justru dapat membuka peluang untuk mencari hal baru yang belum dieksplor.

kompetisi dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan kolaborasi. Banyak jenis perlombaan mahasiswa yang memerlukan partisipasi tim dan kelompok. Hal ini dapat mengasah kemampuan kerjasama dan berkolaborasi antar anggota tim.

mengikuti kompetisi dapat menambah relasi. Interaksi antar peserta atau bahkan panitia dapat membuka peluang untuk memperluas lingkaran relasi dan kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang dengan minat yang sama 











0 komentar:

Posting Komentar