29.12.23

Essay 6 Perubahan Diri, Psikologi Inovasi

 

PERUBAHAN DIRI DENGAN RUTIN JOGGING dan MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN

 

 

PSIKOLOGI INOVASI ESSAY 6

Oleh :

Dea Khairun Nisa

21310410082

Psikologi (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, M.A

 




Orang pertama yang melakukan studi dalam bidang psikologi olahraga adalah Norman Triplett, seorang psikolog dari Indiana University. Pada tahun 1898, dia meneliti atlet balap sepeda. Setelah penelitian Triplett, sejumlah penelitian lain seputar psikologi olahraga bermunculan. Tahun 1899, E.W. Scriptuno dari Yale University melukiskan ciri-ciri kepribadian seseorang yang dipengaruhi oleh keterlibatannya dalam olahraga (Weinberg, Robet S. and Gould, 2007).

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mengurangi stress. Stres   dapat   terjadi   pada   siapa   saja.   Denganolahraga,    seseorang    dapat     dibantu    untuk mengatasi  emosi  dan  mengurangi  kegelisahan sehingga  mengurangi  stres  dalam  dirinya.  Bagi yang rutin melakukan olaharga  memiliki tingkatkecemasan   yang   lebih   rendah   dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Aktivitas olahraga menyebabkan   tubuh   bereaksi   termasuk otak. Karena  otak  akan  melepaskan  banyak  hormon termasuk  endorphin  yang  bisa  mempengaruhi suasana  hati  menjadi  lebih  gembira,  riang  dan senang. Oleh karena itu Ketika kita dapat mengontrol dan mengurangi stress tentu saja kita akan lebih banyak bisa untuk melakukan hal yang produktif lainnya yang dapat mendukung perubahan diri yang akan kita lakukan.

M

W

J

1

30

1

2

38

1

3

82

2

4

62

2

5

60

2

6

25

1

7

75

2

8

68

2

 

M         : Minggu

W        : Waktu (menit)

J           : Jarak (km)




 

Rutinitas olahraga tersebut membuat banyak perubahan pada diri kita, siapa sangka dari hal kecil seperti jogging di sore hari berdampak besar terhadap perubahan pada diri kita. Dengan rutinitas yang dilakukan secara terus menerus tersebut membuat saya terbiasa dan sangat terstruktur dalam melakukan hal-hal lainnya. Selain itu dengan berolahraga juga membuat saya keluar dari zona nyaman saya yang terbiasa hanya tidur dan rebahan sehingga saya menjadi malas melakukan hal lainnya.

Olahraga dengan cara seperti ini juga menjadi bagian dari psikologi inovasi, Dimana kami diarahkan untuk melakukan inovasi pada diri kami masing – masing untuk melakukan perubahan pada diri kami sendiri terlebih dahulu sebelum untuk dapat merubahan pola perilaku buruk lingkungan kita. Pada psikologi inovasi juga saya mendapatkan banyak Pelajaran dan strategi untuk melakukan problem solving yang sebelumnya tidak pernah terlintas dalam diri saya sendiri. bahkan banyak sekali hal kecil yang ternyata dapat membuat kualitas hidup kita meningkat pesat dan salah satunya adalah dengan rutin melakukan olahraga.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Weinberg, R.S. & Gould, D. 2007. Foundations of sport and exercise psychology. 4th

ed. Human Kinetics, Champaign, IL, United States

 

 

0 komentar:

Posting Komentar