20.12.23

Essay 6 perubahan diri jogging

 

Essay 6 perubahan diri

Psikologi inovasi

Oleh:

Nia Zulkhaini

(21310410097)

Kelas Reguler

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Kesehatan  merupakan suatu keadaan tubuh seimbang yang dinamis dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan, dan pola hidup. Faktor penting yang harus diperhatikan sebagai upaya menjaga kesehatan yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat, perbanyak minum air putih, istirahat dengan cukup, dan produktivitas diri. kesehatan merupakan kunci utama dalam kehidupan manusia, dikarenakan kesehatan merupakan keadaan yang paling penting dalam menjalankan berbagi aktivitas.

Menjangga kesehatan dalam diri dapat dilakukan dengan rutin melakukan olahraga baik olahraga secara ringan ataupun berat. Dalam hidup sehat olahraga perlu dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan stress, dan meningkatkan fungsi otak. Namun tidak sedikit individu yang melupakan olahraga dengan berbagai alasan diantaranya yaitu kesibukan dan waktu luang yang sangat sedikit untuk menjadwalkan waktu olahraga terutama para mahasiswa yang merasa sibuk dengan berbagai tugas perkuliahan sehingga melupakan waktu olahraga.

Mahasiwa rantau yang  tinggal di lingkungan kost dengan pola makan yang tidak sehat dan waktu olahraga yang sering terlupakan sangat mudah terserang oleh penyakit dan kerapnya mengalami perunuran kesehatan. Sebagai seorang mahasiswa agar tidak melupakan olahraga dan tidak merasa keberatan dapat memulai dengan hal yang ringan yaitu berjalan santai atau jogging dilingkungan sekitar rumah atau kost. Jogging dilakukan selain untuk mendapatkan kebugaran dapat mencegah stress dan meningkatkan perubahan diri untuk lebih produktif seperti melakukan perubahan diri dengan cara jogging selama 8 minggu berturut-turut.

M

W

J

1

22

1,33

2

25

1,41

3

30

1,56

4

47

2,29

5

55

2,35

6

65

2,85

7

74

3

8

85

3,18

 

M           = Minggu

W           = Waktu dalam menit

J             = Jarak


 


Terbukti bahwa setelah melakukan jogging selama 8 minggu berturut-turut dapat meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun kesehatam secara mental. Dengan jogging dapat menciptakan perubahan diri dari yang semula merasa bermalas-malasan menjadi lebih produktif dengan berolahraga setiap minggu sore dan dapat dilihat bahwa setiap melakukan perubahan dapat dimulai dengan hal yang kecil secara konsisten akan menciptakan suatu perubahan yang besar seperti jogging yang pada mulanya hanya mampu menempuh jarak 1 meter hingga mampu sampai jarak 3 meter.




 

Referensi

Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 21 (79), 1-5.

0 komentar:

Posting Komentar