24.12.23

ESSAY 6 PERUBAHAN DIRI DENGAN MELAKUKAN OLAHRAGA JOGGING UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI

 ESSAY 6 PERUBAHAN DIRI DENGAN MELAKUKAN OLAHRAGA JOGGING UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI



Arya Apolonio

NIM : 21310410109

Kelas: SJ/ semester 5

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tahun 2023


   Dalam perkuliahan Psikologi Inovasi semester 5, kami diminta melakukan perubahan perilaku atau perubahan diri dalam bentuk melakukan olahraga secara rutin selama 8 kali secara terus menerus. Tugas ini diberikan sebagai bentuk atau upaya merubah sekaligus membentuk perilaku mahasiswa yang sebelumnya memiliki perilaku yang cenderung malas akan menjadi aktif untuk menjaga pola hidup sehat dengan melakukan olahraga. Mahaiswa dibebeskan dalam memilih olahraga apa yang ingin dilakukan.

   Saya sendiri awalnya memilih untuk melakukan olahraga dengan bermain lompat tali atau skiping namun saya merasa olahraga tersebut kurang optimal untuk dilakukan dalam kegiatan perubahan diri ini karena pada dasarnya saya mengalami kurang semangat melakukan olahraga sendiri, maka dari itu saya beralih melakukan olahraga jogging yang dilakukan selama delapan minggu dan dilaksanakan setiap seminggu sekali.

   Jogging sendiri  bukan sekedar aktivitas fisik, melainkan sebuah perjalanan pribadi yang dapat mengubah aspek psikologis dan emosional seseorang. Melalui 8 sesi jogging yang dilakukan dalam setiap minggu , saya mengalami perubahan luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan saya.

  Dalam waktu singkat ini, joging tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik saya tetapi juga menciptakan landasan yang kuat untuk perubahan positif dalam kesehatan mental dan emosional saya.

Pertama-tama, setiap langkah  jogging adalah pelarian dari stres sehari-hari. Gerakan ritmis setiap langkah member ikan kesempatan untuk menenangkan pikiran dan membawa saya pada keadaan seimbang dan tenang. Saat ini, jogging bukan hanya sekedar latihan fisik, namun juga menjadi  terapi yang menyegarkan pikiran dan mengurangi stres. Setiap kilometer yang di tempuh, saya selalu  merasakan ketenangan pikiran yang berdampak langsung pada kesehatan mental apalahi dilakukan beramai ramai dengan orang lain yang memiliki hobi berolah raga jogging.

Selanjutnya, delapan sesi joging memperkuat ketahanan mental saya. Melalui tantangan fisik dan kelelahan saat berlari, saya belajar tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik, tetapi juga mengembangkan ketahanan mental. Dengan menghadapi rintangan yang menghadang, saya belajar mengatasi ketidaknyamanan dan mendorong diri sendiri untuk terus bergerak maju. Hal ini menciptakan ketahanan mental dan meningkatkan ketahanan terhadap perubahan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

 Ketiga, sesi jogging juga merupakan waktu yang berharga untuk refleksi diri. Sebelum dan sesudah lari, luangkan waktu untuk memikirkan diri sendiri, tujuan hidup, dan apa yang ingin di capai. Proses ini memberi saya wawasan mendalam tentang nilai-nilai saya yang mengakar, memungkinkan saya menetapkan prioritas dalam hidup dan memandu jalur pribadi saya.

 Jogging  lebih dari sekedar aktivitas fisik. Itu menjadi ritual refleksi yang membuka pintu  pemahaman diri  lebih dalam.

Keempat, 8 sesi jogging secara rutin merupakan rutinitas positif dalam hidup saya. Aktivitas olahraga yang teratur tidak hanya memberikan dampak positif bagi kebugaran jasmani, tetapi juga menambah variasi dalam kehidupan sehari-hari. Rutinitas ini, mulai dari memakai sepatu lari hingga menyelesaikan setiap sesi latihan, lebih dari sekadar aktivitas fisik. Ini membawa stabilitas mental dan emosional dalam kehidupan saya sehari-hari. Singkatnya, 8 sesi joging membuka pintu menuju dunia transformasi diri yang lebih besar. Mulai dari pelepasan emosi hingga ketahanan mental, jogging telah terbukti menjadi cara efektif untuk merangsang perubahan positif pada tingkat psikologis dan emosional.

   Perjalanan ini baru saja dimulai, namun saya menatap masa depan dengan semangat dan keyakinan bahwa setiap langkah  membawa saya lebih dekat ke diri saya yang terbaik.

 

ESSAY PERUBAHAN DIRI

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

16:59

16:49

18:01

`16,05

16:29

18:50

19:34

18:42

J

2,5

2,4

2,9

2,9

2,9

2,9

3

3,3

 

Data yang diperolah melalui aplikasi strava:




















 

0 komentar:

Posting Komentar