24.12.23

ESSAY 5 PRESTASI LOMBA DALAM EVENT MENULIS

 

ESAI 5 MENULIS PRESTASI LOMBA DALAM EVENT MENULIS



Arya Apolonio

NIM : 21310410109

Kelas: SJ/ semester 5

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tahun 2023


Selalu ada hal baru dalam setiap Langkah. Sama halnya dengan perkuliahan pada mata kuliah psikologi inovasi ini yang dimana kami sebagai mahasiswa diminta untuk mengikuti lomba apa saja sebagai sebuah pembelajaran baru yang luar biasa yang tentunya berdampak sangat baik bagi kami sebagai siswa. Dalam memenuhi tugas ini saya sendiri mengikuti beberapa lomba menulis online yang diadakan oleh berbagai pihak terkait. Kali saya memutuskan untuk mengikuti lomba menulis atau menciptakan puisi, saya menyadari bahwa ini lebih dari sekedar lomba, ini adalah perjalanan emosional yang mendalam untuk mengekspresikan segala Hasrat yang terpendam dalam diri saya.   

Dalam kesempatan ini tidak hanya memberikan panggung bagi saya untuk kreativitas saya, tetapi juga merupakan media untuk menggali batas terdalam emosi dan pikiran saya. Melalui kompetisi ini, saya belajar tentang proses kreatif, penemuan diri, dan keberanian untuk berbagi sesuatu dengan dunia. Menciptakan sebuah karya yang menarik perhatian Anda dan orang lain mengharuskan diri kita mengeksplorasi emosi, pengalaman, dan perspektif unik yang pernah terjadi atau sesuatu yang terpendam. Bukan hanya pilihan kata saja yang penting, tapi juga kedalaman dan kedalaman emosi yang dirasakan oleh para penikmat atau pembaca khususnya pelaksana lomba. Bagi saya mengirimkan puisi untuk dinilai orang lain, terutama juri kontes, merupakan langkah yang berat. Kritik yang positif dan membangun telah menjadi guru yang berharga dalam memahami kelebihan dan kekurangan karya saya. Serta segala saran atau reaksi akan berperan penting dalam meningkatkan kualitas puisi saya. Hal ini memerlukan keberanian menerima segala macam kritik dan bertumbuh.     

Dari lomba puisi ini telah memperkenalkan saya pada dunia komunitas kreatif yang menginspirasi. Imana banyak sekali penulis hebat yang memiliki banyak sekali wawasan serta pengetahuan terkait dunia menulis dan secara langsung saya melihat kekuatan dunia seni untuk saling menginspirasi dan mengapresiasi melalui platform online dan acara yang sukses. 

Adapun dalam perlombaan ini saya mengikuti 2 buah lomba menulis puisi, yang pertama puisi bertema ayah yang telah dilombakan oleh Senjakata Indonesia dan juga puisi bertema bebas yang di selenggarakan oleh menulis nasional. Hasilnya memang tidak sesuai dengan yang diharapkan dimana dari kedua lomba tersebut tidak ada yang berhasil menang namun setidaknya dapat menjadi sebuah pengalaman berharga baru yang tercipta di tahun 2023. Kemudian untuk lomba pertama saya telah memperoleh sertifikat dan yang kedua hingga saat ini masih menunggu sertifikat agar dapat menjadi cendra mata bukti bahwa saya telah mengikuti event menulis puisi ini.

Karena pada dasarnya menulis puisi bukan sekedar tentang mencari pujian dan pengakuan, tetapi juga tentang membebaskan diri dari belenggu rasa takut dan membiarkan kata-kata Anda berbicara sendiri. Melihat kembali perjalanan ini, saya dapat melihat bahwa   pengalaman kedua ini lebih dari sekadar kompetisi, namun merupakan katalisator bagi pertumbuhan pribadi dan artistik. Lomba-lomba ini tidak hanya mengajarkan saya   seni menulis puisi, tetapi juga tentang penemuan diri dan ketahanan emosional dengan segala kerumitan dan tantangannya, memadukan perjalanan emosional yang membuat saya menjadi penulis yang lebih sadar dan bersemangat.

Lampiran hasil dan bukti lomba:


1. Tema ayah yang disekenggarakan Senjakata Indonesia


2. Tema bebas yang diselenggarakan menulis nasional







 

0 komentar:

Posting Komentar