29.12.23

Essay 5 Partisipasi Lomba Psikologi Inovasi

 

ESSAY PARTISIPASI LOMBA  LARI 5K: RUNTHASTIC FAIR

Essay 5 Partisipasi Lomba: Runthastic Fair

Oleh:

Siti Khasanah (21310410089)

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 





 

Secara bahasa, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, perlombaaan berati kompetisi, pertandingan dan persaingan (Wahyunu, at,al,2007). Adapun secara istilah, yang dikemukakan oleh para ahli, khususnya bidang pendidikan. Kompetisi atau lomba adalah metode pembelajaran yang menggunakan cara kompetisi atau perlombaaan untuk memotivasi semangat belajar sekaligus mengukur tingkat pembelajaran yang telah dilakukan anak didik atau siswa (Muliawan, 1995).

Perlombaan, persaingan dan kompetisi dalam konteks metode belajar atau mengajar adalah suatu cara atau metode yang bertujuan untuk merangsang dan membangkitkan minat, semangat, motivasi, dan kesungguhan  peserta didik atau mahsiswa untuk dapat mengikuti materi pembelajaran dengan baik. Yang menekankan pada nilai-nilai pribadi yang berkarter, seperti unsur sportivitas, kejujuran, motivasi, semangat, kesungguhan, kerja sama, dan persaudaraan. Nilai-nilai tersebut sangat penting dan berkaitan erat dengan keunggulam atau kemenangan.

Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (Kopma UNY) mengadakan lomba kegiatan Runthastic Fair (Fun Run) Perayaan Hut Kopma UNY ke-41. Pada Minggu, 08 Oktober 2023. Kegiatan ini sebagai salah satu perayaan Hut Kopma UNY ke-41. Kegiatan ini lomba 5k dalam kurun waktu 60 menit dan diselenggarakan start di Lapangan Gor Klebengan, Lingkungan UNY. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 500 Peserta, saya adalah salah satu peserta kegiatan Runthastic Fair Kopma UNY tersebut yang menyelesaikan ke finish dalam waktu 42 menit 5k.

Prestasi terbesar saya bukanlah bisa finish di posisi tertentu, tetapi bisa menyelesaikan lomba dengan konsisten berlari dan semangat yang tinggi. Mencapai garis finish memberikan rasa kepuasan yang tak terkalahkan. Ini adalah bukti bahwa keputusan untuk berpartisipasi dalam lomba lari 5k adalah langkah yang tepat. Lomba ini telah memberikan pengalaman yang mendalam dan mengubah pandangan saya terhadap pentingnya hidup sehat dan aktif. Juga mengajarkan tentang ketekunan komitmen dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Saya membuktikan pada diri sendiri bahwa setiap perubahan kecil menuju gaya hidup sehat memiliki makna yang besar, perlombaan ini juga menjadi perjalaan menuju pememuan diri dan inspirasi terus maju.

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Baehaqi, I. (2020, October). Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. In Annual Conference On Islamic Education And Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 74-93).

http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/609

SDGs INNOVATION COMPETITTION FOR THE FUTURE OF SANTRI : INOVASI LINGKUNGAN (GREEN ECONOMY)

Esai 5 Partisipasi Lomba2: Kompetisi Santri Innofest 2023




Santri sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kehidupan spiritual dan pendidikan islam, memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dalam mendukung inovasi dan keberlanjutan. Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional, keikutsertaan dalam kompetisi Innovest santri pada bulan oktober 2023 dengan topik yang diangkat dalam kompetisi ini  “SDGs Innovation Competition For the future of Santri” mengajak para peserta untuk bersama-sama menjadi penerang jalan bagi perubahan yang lebih baik, salah satu temanya adalah Inovasi lingkungan (green economy) yang mencakup pengurangan limbah, daur ulang, dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien untuk membantu santri dan masyarakat dalam mengurangi dampak lingkungan dan menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan.

Di era yang terus berkembang, sangat perlu inovasi nutuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan ramah lingkungan bagi santri semakin mendesak. Salah satu aspek penting dalam mencapai tujuan ini adalah melalui pengurangan limbah dan daur ulang produk. Saya mencoba mengeksplorasi bagaimana menggabungkan konsep Sustainable Kitchen dan Plastic Garden bisa menjadi solusi inovasi untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan dan menjadi peluang ekonomi di masa depan.

Sustainabe kitchen merupakan konsep dapur yang di desain untuk mengurangi limbah dan meningkatkan kemandirian melalui penggunaan bahan-bahan organik, pengelolaan limbah dapur, dan pengurangan jejak karbon. Menyadari pentingnya aspek ini, santri bisa mengadopsi konsep ini dalam lingkungan pesantren. Sehingga bisa memanfaatkan bahan-bahan lokal organik, mengruangi pemakaian plastik sekali pakai, memepraktikkan metode pengolahan limbah yang ramah lingkungan pesantren dapat menciptakan lingkungan yang mendukung keberlanjutan.

Plastic garden merupakan konsep yang melibatkan pengumpulan dan daur ulang produk plastik untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Santri bisa aktif terlibat dalam mengumpulkan limbah plastik di sekitar pesantren dan menggunakan teknologi daur ulang sederhana untuk mengubahnya menjadi produk yang berguna atau menjadi peluang ekonomi. Melibatkan santri dalam proyek plastic garden, pesantren tidak hanya membantu mengurangi limbah plastik tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan da tanggung jawab terhadap lingkungan.

Dengan menggabungkan sustainable kitchen dan platic garden, pesantren bisa menciptakan lingkungan yang seimbang dan ramah lingkungan. Santri tidak hanya belajar tentang pentingnya menjaga keberlanjutan alam, tetapi juga terlibat langsung dalam tindakan nyata utnuk menciptakan perubahan positf. Lingkungan yang seimbang ini akan menciptakan budaya kesadaran lingkungan di kalangan santri, yang bisa berdampak positif pada lingkungan pesantern dan masyarakat sekitarnya.

 

 

 

Daftar Pustaka

Evode, N., Qamar, S. A., Bilal, M., Barceló, D., & Iqbal, H. M. (2021). Plastic waste and its management strategies for environmental sustainability. Case Studies in Chemical and Environmental Engineering4, 100142.

Gufron, I. A. (2019). Santri dan Nasionalisme. Islamic Insights Journal1(1), 41-45.

Lewandowska, A., Branowski, B., Joachimiak-Lechman, K., Kurczewski, P., Selech, J., & Zablocki, M. (2017). Sustainable design: A case of environmental and cost life cycle assessment of a kitchen designed for seniors and disabled people. Sustainability9(8), 1329.

Milios, L., Esmailzadeh Davani, A., & Yu, Y. (2018). Sustainability impact assessment of increased plastic recycling and future pathways of plastic waste management in Sweden. Recycling3(3), 33.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar