23.12.23

Essay 5 Partisipasi dalam Perlombaan Cipta Puisi

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas SJ / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta,

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Sebagai mahasiswa, saya selalu mencari cara untuk menggali potensi kreativitas dan ekspresi diri. Salah satu langkah yang saya ambil adalah mengikuti perlombaan cipta puisi. Adapun alasan puisi karena puisi memberikan kebebasan untuk menyampaikan ide dan perasaan dengan cara yang indah dan penuh makna.

Adapun beberapa manfaat yang di peroleh ketika menciptakan puisi yakni :

  • 1.     Meningkatkan Kreativitas
  • 2.     Membuat perasaan menjadi lebih baik
  • 3.     Menambah keberanian dalam bersuara
  • 4.     Meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarya
  • 5.     Kesempatan mendapatkan penghasilan

Ketika saya menuliskan puisi, saya merasakan keterlibatan emosional yang mendalam. Psikologi inovasi membantu saya memahami bahwa kemampuan untuk terhubung dengan emosi, baik milik saya sendiri maupun orang lain, dapat meningkatkan kualitas kreativitas.

Partisipasi dalam perlombaan cipta puisi memberikan saya kesempatan untuk berinovasi dalam menyampaikan ide. Psikologi inovasi mengajarkan bahwa inovasi tidak hanya terbatas pada produk atau teknologi, tetapi juga bisa diterapkan dalam bentuk-bentuk ekspresi seni, termasuk puisi.

Maka dari itu saya mencoba untuk menchallage diri saya dalam mengikuti lomba yang diadakan oleh Sastra Media Pustaka dengan tema Kangen yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2023. Dengan partisipasi peserta 2433 peserta seta alhamdulillah saya mendapatkan peringkat 40 menjadi peserta terbaik, pencapaian  ini menjadikan saya untuk menchallage diri saya untuk dapat menulis cipta puisi yang lebih baik lagi.


Dikarenakan terdapatnya tugas Psikologi Inovasi untuk berpartisipasi dalam lomba untuk mengikuti perlombaan di luar kampus. Menang kalah dalam suatu perlombaan merupakan hal yang biasa yang terpenting adalah meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dimiliki serta mengasah kemampuan yang dimiliki.



 

0 komentar:

Posting Komentar