20.12.23

Essai Prestasi ke 2 : Kegiatan Pelayanan Masyarakat

 

Essai Prestasi : Kegiatan Pelayanan Masyarakat

Penyuluhan Diabetes dan Pengecekan Kesehatan (Tensi, Gula Darah gratis, Asam Urat, dan Kolesterol) Ibu – Ibu PKK RT 16  Kelurahan Wirobrajan Yogyakarta

Nisa Nur Lathifah

21310410068

Kelas Sabtu Pagi

Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan adanya hiperglikemia dan gangguan metabolisme  karbohidrat, lemak dan protein, disertai defisiensi absolut atau relatif pada kerja dan/atau sekresi insulin. Gejala yang dilaporkan pasien diabetes antara lain polidipsia, poliuria, polifagia, penurunan berat badan, dan kesemutan. Diabetes disebut sebagai “ The silent killer” karena penyakit ini menyerang seluruh organ tubuh dan dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Penyakit yang ditimbulkan antara lain gangguan penglihatan, katarak, jantung,  ginjal, impotensi, luka  sulit sembuh dan busuk/gangren, infeksi  paru-paru, penyakit pembuluh darah,  dan stroke. Tidak jarang penderita DM berat harus diamputasi bagian tubuhnya akibat pembusukan .

Kegiatan penyuluhan dan cek kesehatan kepada masyarakat dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2023 pukul 16.30 wib yang bertempat di rumah ketua RT 16 Wirobrajan Yogyakarta. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit diabetes yang terdiri dari gejala, langkah pengobatan dan pencegahannya. Peran saya dalam kegiatan tersebut adalah dengan menulis data diri warga yang akan melakukan cek kesehatan dan melakukan edukasi kesehatan sesuai dengan hasil cek kesehatan masing-masing warga. Para warga sangat bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut mampu menumbuhkan silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan warga desa kecamatan Wirobrajan agar lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Kegiatan tersebut selesai pada pukul 18.00 wib.

        Rencananya kegiatan penyuluhan dan cek kesehatan akan terus berlanjut dari RT satu ke RT yang lain untuk menjalin silaturahmi dan mengedukasi warga agar lebih peduli terhadap Kesehatan baik dirinya dan keluarganya. Saya sangat beryukur dapat mengikuti kegiatan positif tersebut, karena selain mengembangkan kemampuan saya juga mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Hasil dari kegiatan tersebut, diharapkan para warga lebih sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Saya berharap kegiatan ini tetap berlanjut di desa-desa yang lain dan membawa manfaat bagi diri saya dan orang lain agar lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

Referensi :

Fatimah, R. N. (2015). Diabetes melitus tipe 2. Jurnal Majority4(5).

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar