29.12.23

ESSAI 6 PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI

 

ESSAI 6 PSIKOLOGI INOVASI

PERUBAHAN DIRI

Ahmad Helmy Fauzan

21310410091

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

                                                 




            Perubahan diri merupakan suatu usaha perubahan yang dilakukan individu untuk memperoleh kehidupan atau aktivitas yang berbeda. Perubahan diri ada kaitannya dengan perilaku psikologi positif yang juga sudah dipelajari dalam mata kuliah psikologi inovasi. Perubahan yang konsisten dilakukan akan menimbulkan kebiasaan baru. Kebiasaan baru ini akan membuat perubahan yang signifikan bagi individu, sehingga individu memiliki karakter sesuai dengan apa yang diinginkan.

            Dosen menyuruh mahasiswanya untuk melakukan perubahan diri dengan kegiatan olahraga yang dilakukan selama jangka waktu 4 minggu dan melihat progres perubahan yang terjadi. Saya memilih kegiatan olahraga workout berbasis aplikasi sebagai panduannya. Fokus workout saya pada pembentukan otot seluruh badan. Kegiatan ini saya pilih karena saya merasa mudah untuk melakukan kegiatan ini disamping kesibukan saya kuliah dan kerja. Saya mengambil waktu pagi hari maupun sore hari. Dilakukan selama 4 minggu. Dalam satu minggunya saya hanya melakukan kegiatan workout 6 hari saja, yang 1 harinya untuk istirahat. Namun juga kadang disela waktu istirahat sehari itu saya gunakan untuk olahraga lari.

            Perubahan sangat saya rasakan setelah konsisten melakukan kegiatan olahraga workout tersebut. Awalnya memang cukup berat untuk saya lakukan. Badan saya pegal-pegal, sakit bahkan pernah sampai demam mungkin karena saya tahan tubuh yang masih lemah. Walaupun lumayan sakit tapi saya paksakan untuk rutin melakukan workout. Dampaknya badan saya yang semula datar menjadi berotot, badan saya yang semula lemah menjadi kuat, badan saya yang semula memiliki daya tahan tubuh rendah menjadi kebal, waktu yang saya habiskan untuk hal yang tidak penting menjadi saya gunakan untuk olahraga. Kegiatan ini kemungkinan akan saya teruskan hanya bukan untuk tugas, karena saya merasakan dampak positif yang sangat luar biasa. Karena sudah kebiasaan juga, saya melakukan kegiatan ini dengan senang dan mudah.

            Aplikasi yang saya gunakan memiliki fitur yang canggih dimana waktu dan jenis olahraganya sudah ditentukan oleh sistem. Serta saya dapat mencontoh gerakan yang ditampilkan di layar aplikasi. Sehingga sangat mempermudahkan saya untuk melakukan kegiatan ini. Saya rasa ini adalah pelatih robot yang membantu saya. Dibawah ini saya lampirkan gambar aplikasi yang saya gunakan, serta progres saya selama latihan. Untuk kegiatan ini saya tidak bisa memfoto diri sendiri melakukan kegiatan karena HP nya saya gunakan untuk panduan workout di aplikasi. Namun yang saya lampirkan diatas adalah foto saya saat olahraga jogging disela istirahat olahraga workout.

            Saya sebagai orang yang menggunkan aplikasi ini menyarankan kepada orang-orang yang ingin melakukan perubahan diri dengan workout untuk menggunakan aplikasi ini. Mudah untuk menggunakannya dan kita bisa melihat target atau progres pencapaian kita. Apalahi untuk orang yang kurang mampu untuk membayar pelatih ataupun orang yang memiliki kesibukan yang luar biasa. Aplikasi ini cocok digunakan. Mantapkan hati untuk melakukan perubahan.

 

 

 

 

 

LAMPIRAN


 








 

 

0 komentar:

Posting Komentar