25.12.23

Essai 6 Perubahan Diri

 PSIKOLOGI INOVASI 

Essay Perubahan Diri



Oleh : Binti Nadhifah (21310410118)

Psikologi Sp

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 

Perubahan diri adalah sebuah proses dimana seorang individu melakukan suatu hal yang baru dalam dirinya, hal kebanyakan dicondongkan dalam perubahan diri adalah hal positif. Bagaimana Individu tersebut dapat membuat perubahan dalam dirinya menjadi lebih baik. Perubahan diri juga persoalan bagaimana seorang itu membuat proses dalam dirinya untuk membuat perilaku baru dalam kehidupan nya sehari-hari dari yang sebelumnya. Perilaku itu bisa saja di kurangi dari kehidupan nya sebelum nya atau ditambah perilaku baru dalam kehidupan nya. pada perubahan diri ini sesuai mata kuliah psikologi inovasi untuk melakukan perubahan diri maka saya memilih melakukan olahraga jogging, karena terdapat banyak manfaat sebagai berikut 

  • Mengubah pikiran menjadi sehat 

hal ini karena saya mempunyai kebiasaan buruk makan sembarangan tanpa adanya Berlari dapat membantu melatih pikiranmu seperti kamu melakukannya kepada tubuh. Kamu belajar fokus dan tekad untuk mencapai tujuan, mengatasi berbagai hambatan, dan juga kelelahan yang mendera tubuh secara perlahan. Kamu mendapatkan pengalaman baru mengenai kemampuanmu untuk bertahan mengatasi setiap masalah.Keinginan serta kekuatan dalam dirimu untuk berjalan semakin jauh dan mencapai target dalam berlari adalah kesempatan untuk memberikan dirimu kekuatan di area lain dalam hidupmu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Human Neuroscience bahwa pelari memiliki banyak koneksi yang menghubungkan jaringan parietal serta jaringan frontal dengan area lain di dalam otak sehingga membuat kamu bisa lebih mengontrol diri dan mengingat memori dengan baik.

Lari juga memungkinkan untuk menumbuhkan perkembangan sel baru dalam otak. Aktivitas aerobik adalah kunci yang terkait dengan pertumbuhan neuron dalam otak yang dinamakan dengan neurogenesis.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Lari dapat memiliki manfaat yang unik bagi otak. Dalam sebuah studi yang membandingkan orang yang rutin melakukan olahraga lari dengan orang yang aktif melakukan aktivitas fisik, menunjukkan bahwa pelari memiliki fleksibilitas secara kognitif.  Oleh karena itu, ia dapat lebih mudah untuk mengambil alih tugas secara efektif dan efisien, melakukan adaptasi dengan cepat serta membuat otak cepat tanggap terhadap rencana baru dalam perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar


  • Mengurangi Setres 

lari atau jogging dapat mengurangi stres karena membantu relaksasi tidak hanya pada otot-otot, tapi seluruh bagian dalam tubuh. Setelah melakukan aktivitas lari, lalu kemudian berlanjut untuk membersihkan tubuh dengan mandi, akan membuat tubuh lebih santai dan bebas dari tekanan pikiran. Hal-hal yang membuatmu khawatir dialihkan dengan melakukan aktivitas serta menggantikannya dengan pikiran yang lebih jernih. Memberikan kesempatan pada otak untuk berpikir positif begitu kembali pada masalah yang menyebabkan tekanan pada pikiran.


  • Memperbaiki Mood

Selain mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari, lari dan jogging memiliki pengaruh positif pada sikap dan perasaanmu. Dorongan hormon endorfin dalam tubuh saat berlari akan menyebabkan ledakan kesenangan dan tubuhmu akan didominasi oleh perasaan bahagia. . Hal ini membuktikan bahwa olahraga lari dapat meringankan gejala gangguan mood dan kecemasan. Studi pada tahun 2013, juga menunjukkan bahwa olahraga lebih efektif daripada terapi untuk mengurangi gejala depresi. Namun disampaikan pula, dalam penelitian tersebut kalau olahraga tidak lebih baik dari antidepresan 

Jogging yang pertama di lakukan pada tanggal 29 Oktober sampai jogging ke - 6 di lakukan di kota madiun, dengan jarak -+ 5km dengan kurun waktu sekitar 30 menit kemudian jogging ke 7 dan 8 di lakukan di Maguwoharjo Yogyakarta dengan jarak sekitar 5km selama 30 menit, adanya tugas Psikologi inovasi ini memberikan motivasi saya untuk melakukan jogging selama 8 minggu berturut-turut secara konsisten karena sebelum nya saya mempunyai kebiasaan buruk sering makan junkfood dan tidak diimbangi dengan olahraga sehingga berat badan cepat naik, selain menjalankan tugas melakukan jogging ini berharap bisa menurunkan berat badan dan memotivasi untuk hidup sehat, sehingga jogging yang saya lakukan selama 8x berturut berhasil menurunkan berat badan 1kg, hal ini memotivasi saya jika konsisten dilakukan terus menerus dengan diimbangi gaya hidup sehat maka bisa menurunkan berat badan.



Daftar Pustaka

http://https://kumparan.com/temali/manfaat-jogging-bagi-kesehatan-mental-1stspGZDQGm (Di akses pada tanggal 24 Desember pukul 21.00)


0 komentar:

Posting Komentar