29.12.23

ESSAI 5 PSIKOLOGI INOVASI PARTISIPASI LOMBA

 

ESSAI 5 PSIKOLOGI INOVASI

PARTISIPASI LOMBA

Ahmad Helmy Fauzan

21310410091

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 







 

Untuk memenuhi tugas persyaratan ujian akhir semester mata kuliah psikologi inovasi mahasiswa di wajibkan untuk mengikuti perlombaan minimal 2 ajang lomba. Saya selaku penulis essai ini mengikuti 2 ajang perlombaan. Ajang lomba yang saya ikuti keduanya adalah lomba olahraga, karena saya hobi berolahraga. Yang pertama adalah lomba lari marathon 5 kilometer yang diadakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 8 Oktober 2023. Dan yang kedua adalah lomba badminton yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 dalam memperingati diesnatalisnya yang ke 38 pada tanggal 23 Desember 2023.

Lari maraton dinamai setelah seorang prajurit Yunani bernama Philippides  (juga dikenal sebagai Pheidippides) berlari sejauh 30-an kilometer dari tempat pertempuran Marathon ke Athena. Saat itu, ia ingin mengumumkan kekalahan invasi Persia. Misinya selesai, tetapi Philippides meninggal karena kelelahan setelah sebelumnya ia juga berlari sejauh 240 kilometer dari Sparta. Lari Marathon mulai dilombakan sejak Olympic modern I, tahun 1896 di Athena- Yunani, atas usul Profesor Michael Breal. Jarak tempuhnya yang 42,195 km ditetapkan tahun 1908 saat Olympic dilaksanakan di London, sebelumnya pada Olympic I sampai dengan III jarak tempuhnya berubah-ubah. Marathon merupakan salah satu cabang olahraga lari jarak jauh dengan jarak start sampai finish dapat puluhan kilometer. Olahraga marathon bagus untuk kardio dan ketahanan tubuh. Diperlukan stamina yang bagus dan badan yang fit ketika mau mengikuti ajang lomba lari marathon. Lari marathon melibatkan seluruh otot anggota badan. Orang yang terbiasa olahraga lari jarak jauh akan mendapatkan otot badan yang kuat serta postur tubuh yang bagus.

Organisasi Koperasi Mahasiswa UNY mengadakan ajang lomba marathon yang diadakan pada tanggal 8 Oktober 2023. Start dan Finish di GOR Klebengan. Dengan rute yang ditempuh hanya 5 kilometer saja. 3 pemenang terbaik mendapatkan medali dan hadiah apresiasi. Sedangkan semua mendapatkan sertifikat keikutsertaan. Saya belum bisa mencapai 3 terbaik. Namun mendapatkan 20 terbaik dengan waktu tempuh saya sekitar 25 menit untuk jarak 5 kilometer.

Pada lomba yang kedua, saya berpartisipasi dalam lomba badminton yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Lomba tersebut adalah badminton ganda campuran yang dalam satu tim terdiri dari satu pria dan satu wanita. Saya dan pasangan saya menang dalam putaran babak penyisihan, namun kemudian kalah pada babak semi final. Dengan aturan permainan badminton adalah 2 set, setiap set nya ada 21 poin tertinggi. Dalam praktiknya, bulu tangkis atau badminton dimainkan dengan menggunakan raket, suttlecock, net, dan lapangan bulu tangkis. Seperti jenis perlombaan olahraga pada umunya, pemain tunggal maupun ganda berusaha meraih poin sebanyak-banyaknya.

Dalam perkembangannya, sejarah bulu tangkis berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu. Namun, bulu tangkis juga disebut-sebut di India dan China. Di Inggris, sejak zaman pertengahan, permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Permainan itu populer menjadi kegiatan harian di jalan-jalan London pada 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Dalam sejarah bulu tangkis, Inggris membawa permainan ini ke Jepang, China, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia, yang kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka. Olahraga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India, pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olahraga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860, dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul Badminton Battledore - a new game (Battledore bulutangkis - sebuah permainan baru). Ini untuk melukiskan permainan tersebut dimainkan di gedung badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Dasar peraturan dalam sejarah bulu tangkis yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya pada 1899 dengan kejuaraan All England.

 

 

LAMPIRAN

 

        




 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Irawan, J. (2023). Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat. SAC. Diakses pada 29 Desember 2023. https://www.sacindonesia.com/r/945/lari-maraton-pengertian-sejarah-teknik-dan-manfaat.

Nugroho, F.T. (2023). Pengertian dan Sejarah Permainan Bulu Tangkis. Bola.com. Diakses pada 29 Desember 2023. https://www.bola.com/ragam/read/5205291/pengertian-dan-sejarah-permainan-bulu-tangkis

 

 

0 komentar:

Posting Komentar