29.12.23

ESAI UJIAN AKHIR SEMESTER

ESAI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELAUI PROGRAM KREATIVITASS MAHASISWA (PKM-PM)

Oleh:

Siti Khasanah (21310410089)

Esai Prestasi

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menurut menristekdikti (2016:4), pengabdian kepada masyarakat adalah suatu kegiataan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengaharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai Universitas atau institut yang ada di Indonesia. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.  

Pengabdian kepada masyarakat merupakan konsep yang mendasari upaya untuk memberikan kontribusi positif kepada lingkungan sekitar. Salah satu bentuk pengabdian yang efektif adalah melalui program Kreativitas Mahasiswa di SDN Baran, Pathuk, Yogyakarta. Program ini tidak hanya memberikan manfaat kepada siswa SDN Baran, tetapi juga menciptakan ikatan anatara perguruan tinggi dan pihak sekolah.

Literasi adalah pondasi utama bagi perkembangan inteleketual dan sosial anak-anak. Menururt Smith (20218), pembelajaran literasi di usia dini memberikam dampak jangka panjang pada kemampuan membaca dan menulis. Melalui program Kreativiats Mahasiwa di SD Baran ini, kami bisa mengeksplorasi berbagai metode inovatif, salah satunya adalah Literasi berbasis TGT (Teams Games Tounament), untuk membantu meningkatkan literasi siswa Sd Baran.

Teams Gmaes Tournament adalah metode pembelelajaran yang memanfaatkan kompetissi dalam kelompok, yang tidak hanya meningkatkan keterampilan akademis, tetapi juga merangsang kolaborasi, kompetissi, dan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan pwembelajaran yang menyenangkan.

Pelaksaan program ini melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator, guru, siswa. Kolaborasi ini meningkatkan afektivitas program pengabdia masyarakat, menciptakan dukungan yang lebih besar dilingkungan siswa, menciptakan ikatan positif anatar sekolah, dan mahasiswa.

Perjalanan Pengabdian Kepada Masyarakt melalui Program Kreativitas Mahasiwa ini saya sebagai anggota tim yang bertugas ikut berpartisipasi sebagai fasilitator pembelajaran berbasis TGT dan merekap pengeluaran biaya dalam program Kreativitas Mahasiwa di SDN Baran ini. Kami berhasil menciptakan suasan belajar yang menyenangkan dan interaktif. Program literasi berbasis TGT memiliki efek positif terhadap kemampuan membaca, menulis, berhitung siswa SDN Baran dan berhasil mencatat merekap semua pengeluaran biaya dengan transparan dan akurat, mengenai alokasi dana dan efektivitas program.


Daftar Pustaka

Crim, C., Hawkins, J., Thornton, J., Rosof, H. B., Copley, J., & Thomas, E. (2008). Early Childhood Educators' Knowledge of Early Literacy Development. Issues in Teacher Education17(1), 17-30.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in University Teaching25(4), 1-26.

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan16(3), 285-297.

 

 






0 komentar:

Posting Komentar