28.12.23

BERPARTISIPASI PADA KEGIATAN KERJA BAKTI DALAM RANGKA RENOVASI MASJID AL-JANNAH DI DUSUN KARANGASEM KULON, SRIKAYANGAN, SENTOLO, KULON PROGO

BERPARTISIPASI PADA KEGIATAN KERJA BAKTI DALAM RANGKA RENOVASI MASJID AL-JANNAH DI DUSUN KARANGASEM KULON, SRIKAYANGAN, SENTOLO, KULON PROGO

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Oleh:

Destiana Dini Safitri (21310410090)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M. A


 

Kerja bakti adalah suatu kegiatan di mana masyarakat bekerja sama untuk melakukan pekerjaan bersama untuk kepentingan bersama. Tradisi ini biasanya dilakukan dalam komunitas atau desa kecil. Latar belakangnya adalah prinsip solidaritas, kebersamaan, dan kepedulian terhadap kebutuhan bersama seperti perbaikan infrastruktur, kebersihan lingkungan, dan menyiapkan acara keagamaan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan hubungan sosial dan meningkatkan lingkungan. Unsur-unsur kerja bakti meliputi, suatu usaha atau suatu kegiatan kerja yang dilakukan secara bersama-sama, setiap orang akan berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya, berdasarkan pada keikhlasan dan sukarela, tanpa pamrih atau tanpa imbalan balas jasa, bermanfaat juga bagi kepentingan bersama (Yuliani, S. W. 2019).

Salah satunya pada Masjid Al-Jannah yang berlokasi di Dusun Karangasem Kulon, Srikayangan, Sentolo, Kulon Progo, saat ini masjid tersebut sedang dalam proses renovasi. Tentu saja renovasi ini membutuhkan banyak tenaga, baik dari yang tua hingga yang muda. Masyarakat bergotong royong untuk merenovasi masjid tersebut agar cepat selesai. Gotong royong tentu memiliki banyak manfaat, seperti pekerjaan selesai lebih cepat, mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan warga, keamanan lingkungan semakin terjamin, dan akan memperoleh ketentraman serta kedamaian (Widayati, S. 2020). Sebagai anggota karang taruna, tentu saja saya ikut berpartisipasi dalam kegiatan renovasi tersebut. Walaupun tidak secara langsung mengerjakan pekerjaan yang berat, namun saya ikut membantu membersihkan lingkungan sekitar, dan membereskan perkakas-perkakas tukang yang telah digunakan. Saya juga membantu ibu-ibu untuk menyiapkan makanan dan minuman bagi orang-orang yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Memang saya tidak bisa setiap hari ikut berpartisipasi, karena saya juga memiliki kesibukan untuk berkuliah, namun di hari libur atau saat kuliah dilakukan secara asinkron saya akan ikut berpartisipasi. Renovasi tersebut berjalan selama kurang lebih satu minggu, mulai dari memperbaiki jalan air, membersihkan tampungan air, merenovasi tempat wudhu dan kamar mandi, mengecat ulang, memasang pagar, dan mengganti beberapa perabot yang sudah tua. Saya senang bisa ikut bergotong royong dalam renovasi masjid tersebut, selain karena saya akan berjumpa banyak warga, saya juga senang karena akhirnya masjid yang memang dekat dengan rumah saya menjadi baru dan tampak lebih bagus.

 

 

Daftar Pustaka

Widayati, S. (2020). Gotong Royong. Alprin.

Yuliani, S. W. (2019). Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan28(3), 329-338.

0 komentar:

Posting Komentar