26.12.23

Essay 5 Berpartisipasi dalam Lomba

Berpartisipasi dalam Lomba

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Inovasi

Essay 5 Berpartisipasi dalam Lomba

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.

 


Percaya diri merrupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap manusia yan merupakan makhluk social. Sering kali orang mengkaitkann mengenai dirinya yang tidak percaya akan diri maupun tidap percaya akan kemampuan dirinya karena merasa bahwa dirinya adalah seorang introvert. Hal ini selalu menjadi tameng bahwa seseorangg idak percaya terdiri karena merasa introvert. Hal ini perlu  dijadikan sebuah antisipasi perubahan bagi setiap orang yang merasa dirinya introvert dengan tidak menjadikan sebagai tameng. Menurut ahli di American Psychological Association, introvert cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan tidak tergesa-gesa atau berhati-hati. Tak cuma itu, seorang introvert juga lebih suka bekerja secara mandiri. Sehingga perlunya melakukan kegiatan yang dapat melatih kemampuan social sehingga pada akhirnya nanti mampu menjadi  pribadi yang lebih percaya diri.

Pada dasarnya saja juga merupakan seorang yang introvert. Dimana saya lebih menyukai kegiatan sendiri, tidak suka dilihat banyak orang dan merasa bahwa selalu ada yang salah pda diri saya ketika ada dilikungan bayak orang. Dengan hal tersebut saya berusaha untuk membuat dn mengikuti kegiatan yang bisa mengasah kemampuan social saya seperti saya mengikuti kegiatan-kegiatan dan juga organisasi sehingga saya bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Hal ini merupakan  salah satu cara bagi orang yang introvert untuk bisa lebih percaya diri.




Sebagai sarana bagi saya untuk  melatih kepercayaan diri adalah dengan mengikuti kegiatan sebagai seorang model. Menjadi model dengan memperagakan busana dan juga dilihat oleh banyak orang menjadikan saya lebih percaya diri ketika dilingkungan banyak orang. Untuk itu pada pada tangal 27 Oktober 2023 saya mengikuti kegiatan fashion show yang diadakan oleh mahasiswa tata busana Universitas Negeri Yogyakarta. Dimana sebelumnya saya harus mengikuti audisi untuk bisa dipilih menjadi model. Dengan pesaing yang cukup banyak, saya  mampu menunjukkan kemampuan diri saya dan menjadi bagian dari model fashion shoe ini. Selain model dalam kegiatan Sumaruno ini, saya juga menjadi icon dan nantinya akan kembali menjadi model pada acara Malungtaron pada tanggal 28 Desember 2023.



Menjadi bagaian pada suatu organisasi juga mampu mengasah kemampuan saya dalam bersosialisasi, berinteraksi dengan yang lainnya juga bisa melatih komunikasi dengan baik. Untuk itu saya mengikuti seleksi dalam pemilihan Himpunan Mahasiswa Psikologi periode 2023/2024. Seleksi Himapsi ini dilakukan pada bulan November/Desember. Dimulai dari pendaftaran hingga kemudian melakukan seleksi wawancara. Setelah melakukan serangakian seleksi akhirnya saya terpilih sebagai anggota Himampsi sebagai staff Humaris. Dengan mengikuti oraganisasi ini akan menjadikan saya lebih aktif dan memiliki banyak relasi. Karena saya percaya bahwa dengan mengikuti banyak kegiatan maka akan semakin banyak juga hal baik yang akan kita dapatkan kemudian hari.

 

0 komentar:

Posting Komentar