26.12.23

Essay 6 Melakukan Perubahan Diri

Melakukan Perubahan Diri

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Inovasi

Essay 6 Melakukan Perubahan Diri

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.

 

Hidup pada dasarnya merupakan suatu perubahan. Dari kita kecil hingga dewasa kita akn selalu mengalami sebuah perubahan. Perubahan dalam hidup ini mmenentukan bagaimana dan akan menjadi apa kita pada nantnya. Ketka kita bisa memaknai perubahan dengan lebih baik, menikmati dan juga memastikan bahwa kita berbah kepada perihal yang positif. Maka pada akhirnya kita akan menjadi pribadi yang mempu untuk memaknai sebuah perubahan dengan sungguh-sungguh. Karena tidak jarang manusia yang tumbuh dewasa dengan hanya sekedar tumbuh tanpa memperhatkan diri baik segi penampilann maupun kesehatan, bahkan juga tidak memiliki keinginan untuk memperhatikan lingkungan sekitar.

Pertumbuhan pada diri ini menjadikan saya berusaha utuk melakukan kegiatan yang lebih positif dan juga lebih bermanfaat. Bukan hanya karena diharuskan oleh mata kuliah, akan tetapi juga karena ini merupakan suatu keharusna bagi setiap manusia untuk melakukan kegiatan hidup sehat dan terus berinovasi agar diri tetap menjadi dan terus menjadi yang lebih baik. Saya melakukan kegiatan jogging  yang sebenarnya ini merupakan kegiatan konsisten saya lakukan dari sebelum adanya  tugas dari mata kuliah ini. Tujuan saya melakukan jogging adalah lebih untuk menjaga kesehatan dan juga melakukan peregangan pada tubuh. Saya menyadari bahwa kerjaan saya yang lebih banyak duduk mengakibatkan otot dan juga tulang menjadi semakin kaku jika tidak sering digerakkan. Sehingga saya biasanya melakukan kegiatan jogging untuk memberikan pergerakan pada tubuh saya.

Kegiatan jogging ini biasa saya lakukan setiap pagi setelah saya sholat subuh. Dimulai dari bangun jam 04.30 kemudian sholat shubuh dan kemudian baru olahraga. Meskipun  tidak melakukan jogging setiap saat. Tetapi saya akan melakukan kegiatan peregangan otot setelah sholat subuh sebelum saya melakukan persiapan untuk berangkat bekerja. Pada awal ingin melakukan kegiatan ini sudah pasti sangat malas san merasa enggan. Karena waktu yang sebenarnya bisa buat istirahat, bersantai atau bahkan mungkin tidur harus saya gunakan untuk melakukan kegiatan olahraga. Akan tetapi karena saya mulai dengan olahhraga ringan-ringan terlbeih dahulu, hal ini menjadikan saya tidak malas-malasan untuk melakukan kegiatan olahraga.

Selain itu saya juga merasa senang ketika melakukan kegiatan jogging, hal ini karena sdengan olahraga saya bisa menghirup udara sebelum terkena polusi udara. Tidak sedikit juga masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga disekitar tempat tinggal saya. Hal ini menambah semangat baggi saya untuk terus melakukan kegiatan ini. Meskipun yang awalnya terpaksa dan malas-malasan  akhirnya menjadi biasa dan juga bersemangat.

Karena pada awalnya saya merasa malas, sehingga saya hanya melakukan kegiatan stretching saja dan juga workout di halaman rumah. Pada hari-hari berikutnya saya baru melakukan jogging di sekitar rumah. Dengan durasi yang pada mulanya sekitar 30 menit akhirnya saya terus melakukn penambahan setiap minggunya hingga akhirnya sekitar 60 menit. Dengan  penambahan durasi ini juga mengakibatkan juga penambahan pada jarak jogging yang saya lakukan. Kegiatan ini konsisten saya lakukan setiap harinya, meskipun tidak setiap harii jogging akan tetapi saya melakuka kegiatan olahraga agar otot tidak kaku. Dengan olahraga ini menjadikan saya lebh merasa bersemangat ketika bekerja, saya juga tidak merasa mudah lelah dan melakukan kegiatan. Selain itu pula, ketika malam hari menjadikan pola tidur dan juga kualitas tidur saya lebih nyenyak dan teratur. Perubahan ini dapat terus saya lakukan karena tujuannya yaitu untuk hidup sehat, dan sampai kapanpun setiap manusia pasti ingin idup sehat.




0 komentar:

Posting Komentar