28.12.23

BERPARTISIPASI DALAM KOMPETISI CIPTA PUISI GUNA MELATIH KREATIVITAS

 

BERPARTISIPASI DALAM KOMPETISI CIPTA PUISI GUNA MELATIH KREATIVITAS

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Essay Partisipasi Lomba (Essay 5)

Oleh:

Destiana Dini Safitri (21310410090)

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A

   


    

 

Dalam menjalani kehidupan, tentu manusia tidak akan luput melakukan kompetisi, entah secara sadar maupun tidak sadar. Kompetisi adalah persaingan dapat juga dijadikan sebagai alat motivasi untuk mendorong agar seseorang dapat berusaha dengan giat, persaingan baik secara individual maupun kelompok dapat meningkatkan tingkat kreativitas seseorang (Rumhadi, T. 2017). Berkompetisi tidak selalu dalam bentuk lomba, konsep kompetisi lebih luas dan dapat mencakup berbagai bentuk penilaian dan pengukuran kemampuan seseorang, meskipun kompetisi biasanya diuji melalui lomba atau kontes. Sejauh mana seseorang memiliki kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu disebut kompetisi. Meskipun kata "lomba" sering digunakan karena dapat menciptakan lingkungan kompetitif dan mendorong motivasi, metode lain juga penting untuk menilai kemampuan dan pengembangan individu atau kelompok. Dengan kompetisi, tanpa sadar akan melatih dan meningkatkan kreativitas seseorang. Seseorang akan berusaha untuk mengeluarkan ide-ide baru untuk meraih kemenangannya, walapun memang tidak selalu menang namun kalah menang dalam sebuah kompetisi. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan berpikir kreatif (Ardiansyah, T. 2020).

Pada kesempatan kali ini, saya mengikuti dua kompetisi lomba cipta puisi yang diselenggarakan oleh lembaga penerbit, yakni PT. BARA PUSTAKA GROUP dan Penerbit Kertasentuh. PT. BARA PUSTAKA GROUP menyelenggarakan lomba cipta puisi dan cerpen nasional 2023 pada tanggal 6-27 Oktober 2023, dan pengumuman hasil pemenang pada tanggal 10 November 2023. Saya memilih untuk mengikuti lomba cipta puisi dengan tema senja, puisi saya berjudul “Layaknya Senja”. Pada lomba ini, saya terpilih menjadi salah seorang penulis terpilih dari sekian banyaknya peserta. Lomba kedua yang saya ikuti yakni lomba yang diselenggarakan oleh Penerbit Kertasentuh, yang diselenggarakan pada tanggal 10-27 November 2023, dan pengumuman juara pada tanggal 1 Desember 2023. Tema dalam lomba ini yakni tentang ibu, saya memilih judul “Terima Kasih Ibu” dalam puisi saya. Dalam lomba kali ini, saya juga belum bisa mendapatkan juara, namun saya kembali terpilih menjadi penulis terpilih dari sekian banyaknya peserta. Dari kedua lomba tersebut, bukan kemenangan yang saya kejar, namun manfaat untuk melatih kreativitas saya. Pada lomba puisi tersebut, saya dilatih untuk membuat isi puisi yang menarik dan sesuai dengan tema, menggunakan gaya bahasa dan juga keindahan diksi, penyampaian pesan dalam puisi, serta keselarasan antar kalimat.

Walaupun belum bisa mendapatkan juara, namun saya sudah merasa senang karena bisa menjadi penulis terpilih dari sekian banyaknya orang yang mengikuti lomba tersebut. Saya bangga dengan diri saya karena bisa menciptakan sebuah puisi yang akhirnya bisa terpilih, karena saya merasa bahwa saya kurang kreatif dalam menyusun kalimat agar menjadi sebuah kalimat yang indah. Dari pengalaman saya mengikuti dua lomba tersebut membuat saya memiliki dorongan dan motivasi untuk mencoba lagi dan lagi berbagai kompetisi yang diselenggarakan baik secara online maupun offline. Karena berkat dua lomba tersebut saya menjadi lebih giat untuk menggali kreativitas saya yang pada mulanya saya anggap kurang.

           

 

Daftar Pustaka

Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Usaha1(2), 19-25.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan11(1), 33-41.

0 komentar:

Posting Komentar