2.11.23

UTS - Psikologi Inovasi - Ulvi isnaini

 

UJIAN TENGAH SEMESTER – NOVEMBER 2023

Nama                           : Ulvi Isnaini

Nim                             : 21310410103

Perguruan tinggi           : Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Fakultas                       : Psikologi, Kelas A

Mata Kuliah                 : Psikologi Inovasi

Pengampu                    : Arundati Shinta

Hari / Tanggal              : Rabu / 1 November 2023 pukul 08.00 WIB

Penolakan-penolakan yang terjadi pada mahasiswa baik mahasiswa karyawan maupun mahasiswa reguler sangatlah berhubungan erat dengan toeri keengganan untuk melakukan perubahan. Dimana banyak mahasiswa sulit untuk mengubah kebiasaannya dan merasa kurang nyaman dan aman jika mereka melakukan suatu perubahan. Selain itu faktor ekonomi dan sosial juga sangat berpengaruh pada keengganan seseorang untuk berubah. Disisi lain, kurang waspadanya seseorang dalam perubahan peraturan dan timbulnya rasa takut pada hal yang lain juga dapat mempengaruhi seseorang untuk tidak melakukan perubahan.

Merubah diri dengan melakukan perubahan pada diri sendiri haruslah disertai dengan kesadaran baik dilakukan secara sukarela maupun dengan paksaan. Beberapa orang akan dengan suka rela merubah diri dengan beberapa statement yang mereka sanggupi untuk berubah, namun jika seseorang merasa belum perlu untuk mengubah diri tetapi diharuskan untuk merubah diri, maka mereka akan memberikan tanggapan bahwa mereka mau melakukan perubahan walaupun pada kenyataannya mereka tidak melakukan perubahan tersebut. Hal ini sangat berkaitan dengan video film pendek yang berjudul How to build Resilience? The Story of the Donkey. From The Resilience Dynamic yang dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=ywSnLF_Mnhk dimana keledai harus melakukan perubahan untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari dalam sumur. Perubahan itu dilakukan dikarenakan keledai merasa perlu untuk melakukan perubahan jika ingin dirinya selamat. Perubahan itu dilakukan dengan penuh kesadaran dan dengan adanya paksaan yang mengharuskannya untuk melakukan perubahan.

Hal yang sama pula dapat terjadi di dalam lingkungan kerja maupun lingkungan belajar. Jika seorang atasan atau dosen meminta karyawan atau mahasiswanya untuk berubah, maka tidak sedikit orang enggan untuk melakukan perubahan, hal nyata yang terjadi saat dosen psikologi inovasi meminta para mahasiswanya untuk merubah posisi sepatu, banyak mahasiswanya yang enggan untuk melakukan perubahan, salah satu alasannya yaitu jika contoh dan perintahnya salah maka tidak bisa diikuti untuk menjadi pedoman, namun jika perintahnya adalah hal yang dianggap berguna, positif, dan menguntungkan, maka dengan suka rela mereka akan merubahnya. Seperti pernyataan untuk mengubah pola hidup yang semula sulit berolah raga menjadi rajin untuk berolahraga, mereka para mahasiswa dengan senang hati mau melakukan perubahan tersebut karena mereka merasa berolahraga adalah hal yang dapat menguntungkan, positif, dan berguna.

Begitu pula dengan tempat kerja, perubahan akan dilakukan jika seseorang merasa bahwa hal tersebut perlu dilakukan dan memiliki dampak yang positif bagi dirinya atau sekitarnya jika dilakukan. Meskipun perubahan yang dilakukan tidak mendapatkan reward apapun dari tempat bekerja, namun jika perubahan tersebut dirasa dapat menguntungkan bagi dirinya, mereka akan dengan senang hati melakukan perubahan tersebut. Reward tidak hanya berupa hadiah, namun reward juga dapat berupa pujian, yang pujian tersebut tidak hanya dapat disampaikan oleh atasan namun juga dapat disampaikan oleh rekan kerja sehingga itu juga akan berdampak pada perubahan yang dilakukan. Jika melakukan perubahan sesuai dengan keinginan yang kuat pada diri sendiri, maka akan memicu adanya rasa kepuasan terhadap diri sendiri karena telah melakukan suatu perubahan, dan jika hal tersebut terjadi maka baik ada atau tidak adanya reward dari tempat kerja perubahan tersebut akan tetap dilakukan karena adanya perasaan bahwa hal tersebut perlu untuk dilakukan.

Daftar pustaka

Arundati Shinta. 2012. "Enggan Untuk Berubah". http://kupasiana.psikologiup45.com/2012/11/enggan-untuk-berubah.html. Di unduh 02 Novermber 2023

0 komentar:

Posting Komentar