1.11.23

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI

 

UJIAN TENGAH SEMESTER  PSIKOLOGI INOVASI

Nama : Nisa Nur Lathifah

NIM    : 21310410068

Kelas   : Sabtu Pagi

 Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


            Menurut Roger (1962), terdapat 5 tahap dalam perubahan diri seseorang yang pertama adalah kesadaran, jika seseorang belum memiliki  kesadaran akan hasil atau efek dari perubahan yang dia lakukan maka akan juga terjadi penolakan – penolakan untuk perubahan tersebut. Tahap kedua adalah keinginan, jika seseorang sudah memiliki keinginan untuk berubah untuk mendapatkan sesuatu atau hasil yang dia inginkan maka tidak akan ada penolakan yang terjadi. Ketiga mengevaluasi, seseorang sejatinya perlu mengevaluasi mengenai dirinya sendiri sehingga mampu memperbaiki diri jika diperlukan. Keempat adalah mencoba untuk melakukan perubahan, beberapa orang terlalu takut untuk mencoba sehingga keinginan untuk berubah hanya menjadi angan-angan saja. Kelima penerimaan, jika seseorang mampu melakukan penerimaan diri, kita mampu melakukan perubahan dengan ikhlas tanpa mengharapkan apapun.

Resiliensi merupakan kemampuan seorang individu untuk mengatasi tekanan atau stress yang dialaminya karena terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan (Connor, 2003). Saat kita bergabung pada suatu organisasi maka pastinya akan ada perubahan-perubahan yang terjadi, sehingga hal tersebut terkadang membuat kita merasa enggan untuk berubah dan merasa tertekan. Namun kita tetap harus mampu mengatasi perubahan tersebut. Seperti film How to build Resilience? The Story of the Donkey. Form The Resilience Dynamic yang menceritakan mengenai kisah seekor keledai dan petani yang sudah lama bersama. Suatu hari seekor keledai itu terjatuh di sumur, namun pak tani berpikir bahwa keledai tersebut sudah tua dan sumur itu tetap harus ditutup, sehingga pak tani bersama teman-temannya mengubur sumur itu. Sang Keledai awalnya berteriak karena merasa terancam, namun setelah beberapa saat tanah masuk ke sumur , keledai berpikir bahwa tanah-tanah yang masuk dapat dijadikan pijakan untuk dapat naik ke atas dan keluar dari sumur itu. pembelajaran yang didapatkan adalah bagaimana cara kita untuk dapat mengatasi tekanan yang kita alami dengan melihat kesempatan – kesempatan yang ada.

            Inovasi perubahan diri yang harusnya segera dilakukan dan dilaksanakan selama 8 minggu secara berturut-turut masih belum optimal, atau dalam pengerjaan essai inovasi yang masih belum segera dikerjakan karena alasan kesibukan bekerja atau banyaknya tugas dari mata kuliah lain yang juga harus segera dikumpulkan. Padahal waktu yang diberikan sudah cukup lama, sehingga mahasiswa dapat mencicil untuk mengerjakan essai dan mengumpulkan secara tepat waktu. Dari essai tersebut diharapkan agar mahasiswa melakukan inovasi berdasarkan kesadaran diri sendiri, namun kebanyakan hanya sekedar mengerjakannya demi memenuhi tanggungjawab sebagai mahasiswa dan mendapatkan nilai yang bagus. Padahal apabila dilihat dari sisi positifnya perubahan tersebut membawa manfaat bagi mahasiswa baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang.

The law of effect merupakan hubungan dari stimulus respon yang cenderung akan diperkuat apabila ada akibat yang menyenangkan dan cenderung lemah apabila akibat yang didapatkkan kurang menyenangkan atau tidak sesuai dengan harapan. Apabila terdapat perubahan ke arah yang baik, maka saya bersedia meskipun tida ada reward dari atasan, karena bisa jadi perubahan itu didapat dari tempat atau hal lain, misalnya dengan kita melakukan pekerjaan  yang bukan jobdesknya, mungkin dari atasan tidak memberikan reward, namun kita dapat memperoleh nilai atau pengalaman yang baru. Dari perubahan tersebut juga kita mendapat sesuatu lain yang bermanfaat bagi kita meskipun bukan dari atasan. Apapun yang dilakukan tidak ada yang Kembali dengan sia-sia.

 

Referensi :

Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor‐Davidson resilience scale (CD‐RISC). Depression and anxiety18(2), 76-82.  https://doi.org/10.1002/da.10113

https://bahan-ajar.esaunggul.ac.id/nsa101/wp-content/uploads/sites/1271/2019/12/9.-Konsep-Berubah.pptx

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu2(2), 52-60.


0 komentar:

Posting Komentar