1.11.23

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI

 

UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI INOVASI



Dosen pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Nama : Deriska Indah Asokawati

Nim : 21310410010

Kelas : Psikolog Sj

 

 

1.       Berdasarkan pendapat beebrapa ahli dapat disimpulkan resistensi sebagai kecenderungan individu untuk menghindari atau menolak perubahan yang  terdiri dari komponen afektif, perilaku dan kognitif yang direpresentasikan melalui serangkaian respon negative terhadap perubahan.

Ada beberapa faktor penyebab keengganan untuk berubah yang sudah dikembangkan oleh beberapa ahli :

·         Kebiasaan, individu yang menolak untuk berubah karena perubahaan dianggap menjadi sebuah ancaman pada pola perilaku yang telah melekat (Amstrong 2003, Robbins & Judge, 2008)

·         Kepuasan kerja, individu cenderung menolak perubahan bila berkaitan dengan segala sesuatu yang menimbulkan ketidakpuasan, seperti kehilangan rasa aman, kekuasaan dan Prestise dimana individu terancam kehilangan atau pengurangan status (Amstrong, 2003. Krierner & Kinichi, 2008)

·         Need for Achievemrent, individu yang menolak perubahan akan memperlihatkan kebutuhan yang lemah pada hal-hal baru, yang ditandai oleh kekakuan dan menutup pemikirannya akan lebih tidak bersedia dan mampu menyesualkan diri dengan situasi baru (Oreg, 2003)

2.       Resilience saya pada organisasi pemaksaan yang memiliki hubungan dengan film “How ti Build Resilience? The Story of the Donkey”. Dari film tersebut dapat disimpulkan bahwa bagaimana seekor keledai dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan situasi yang menyulitkan dan pada akhirnya keledai berhasil keluar dari situasi tersebut. Sama halnya dengan saya, saya mungkin perlu melakukan pemaksaan untuk diri saya sendiri untuk melakukan sebuah perubahan. contohnya saat saya harus mengerjakan tugas yang terus bertambah disetiap harinya dan harus bekerja disetiap harinya.

3.       Contoh kecilnya adalah mengerjakan tugas kuliah yang setiap harinya bertambah dan akan menumpuk jika terus menerus dibiarkan. Dengan keadaan saya yang Lelah karena bekerja sepanjang hari bahkan sampai larut malam dan harus kuliah juga itu membuat fisik dan mental saya Lelah, tetapi saya harus memaksakan diri saya untuk mengerjakan semua tugas saya agar cepat selesai dan tidak menumpuk.

4.       Saya akan tetap merubah diri saya menjadi yang lebih baik lagi. Karena ada reward maupun tidak, tidak begitu berpengaruh dikehidupan saya. Saya perlu merubah diri saya agar kemampuan dan kinerja saya terus berkembang. Yang dimana itu tidak menutup kemungkinan saya akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik juga dari pada sekarang. Setiap orang perlu mengembangkan dirinya menjadi yang lebih baik.

 

Daftar Pustaka :

Unika Priharsanti. Hubungan Kepuasan Kerja dan Need For Achievement Dengan Kecenderungan Resistance To Change Pada Dosen Undip Semarang. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 8 No. 2

 

 

0 komentar:

Posting Komentar