2.11.23

Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi

 

 

Brhyllianda Ridwan Susila

NIM : 21310410115

Kelas: SP

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tahun 2023

 


 

1.      Teori keengganan terhadap perubahan oleh Coch dan French (1960) menyatakan bahwa ketika organisasi mengalami perubahan, individu seringkali merasa tidak nyaman dan menunjukkan resistensi terhadap perubahan tersebut. Hal tersebut tentu berhubungan dengan penolakan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk melakukan tugas-tugas inovasi yang bermacam-macam menguras waktu biaya dan tenaga dengan kesibukan kerja yang tak kalah hebatnya, padahal jika mahasiswa dapat survive dan jarang mengeluh lalu tetap melakukannya dengan maksimal, maka taraf mereka dalam mengatasi tekanan dalam perubahan yang dilakukan akan berdapak dengan semakin tangguhnya diri mereka dalam mengatasi tantangan. Hal tersebut tentunya menjadi kritikan untuk saya sendiri agar menjadi lebih bijak dalam resiliensi.

 

2.      Hubungan resiliensi yang saya alami dengan film tersebut yaitu kita dipaksa mencari cara untuk menangani suatu tugas atau permasalahan yang dilimpahkan yang semakin lama semakin tambah level dan bebannya, situasi tersebut tentunya sulit, antara menyerah tapi ragu karena setidaknya pekerjaan tersebut membuat kita hidup dan bertahan namun dengan keadaan mental yang kurang baik. Dalam titik itu permasalahan dan beban yang tak kunjung habis akan menggugah untuk kita dapat beradptasi menyesuaikan dengan tekanan yang ada melalui berbagai pengalaman dan cara yang telah kita lalui. Dalam film menujukkan bahwa keledai tetap bertahan dan memanfaatkan situasi dengan cara mengibaskan tanah yang disekop kedalam sumur tempat ia terjatuh, mencerminkan  dalam menyikapi suatu tekanan atau perubahan kita perlu mendorong diri untuk dapat menyesuaikan dalam berbagai situasi sulit.

 

3.      Bukti konkritnya adalah banyak pengungkapan mahasiswa (mungkin juga saya) dalam kuliah dari WA grup bahwa setuju ketika dosen menyampaikan pengalaman atau  hal-hal menarik dan positif yang telah ia lalui adalah acuan untuk mereka berkembang ke arah yang positif, namun kenyataannya penerapan tersebut memang belum terealisasi. Dibuktikan dengan saya sendiri yang pada kuliah inovasi menganggap perubahan diri sangatlah penting dan harus segera dilakukan, namun dalam realitanya saya kadang masih kalah dengan rasa malas, lelah ketika sudah pulang kerja, kurang aktif dalam perkuliahan padahal kuliah membutuhkan waktu dan biaya yang realtif sulit untuk dikelola. Bukti lainnya adalah ketika teman-teman aktif dalam perkuliahan merespon positif terhadap perubahan diri namun ketika ditanya apakah sudah mengerjakan essay jawabannya beraneka macam, ada yang belum karena merasa sibuk, tidak punya waktu, belum berencana membuat essay dan lain-lain. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan persetujuan mereka terhadap perubahan diri.

 

4.      Menurut Delamotte dan Walker (1976), penghargaan atau reward menjadi faktor yang signifikan dalam menilai mutu kinerja. Kinerja karyawan akan meningkat ketika diberikan reward saat dipaksa untuk melakkukan perubahan, berbeda jika tidak diberikan reward, perilaku perubahan lebih enggan dilakukan. Dalam kasus ini, saya memiliki pandangan terhadap hal tersebut, sebelum mengerjakan ujian tengah semester ini saya pulang lebih terlambat dari jam normal yang biasanya pukul  17.00 lalu mundur menjadi 19.30 karena setiap awal bulan ada banyak pengadaan stok barang yang membuat beberapa karyawa pulang melebihi waktu normal. Budaya kerja disini adalah loyalitas tanpa dibayar lembur. Banyak yang izin tidak masuk dan izin pulang ketika pengadaan stok ini terjadi di awal bulan karena tidak dapat imbalan. Dalam kasus tersebut saya mengandalkan kepercayaan spiritual saya ketika kita berbuat positif walau tidak mendapatkan imbalan, saya yakin dikemudian hari saya mendapat imbalan yang lebih banyak dari yang saya nikmati saat ini. Jadi kesimpulannya saya bersedia mengubah diri walau tidak mendapatkan reward.

 

 

Referensi:

 

Burnes, Bernard (2015). Understanding Resistance to Change – Building on Coch and French. Journal of Change Management, 15(2), 92–116.         doi:10.1080/14697017.2014.969755

 

Delamotte, Y., & Walker, K. F. (1976). Humanization of Work and the Quality of Working Life – Trends and Issues. International Journal of Sociology, 6(1), 8-40. doi: 10.1080/15579336.1976.11769634

0 komentar:

Posting Komentar