2.11.23

UTS PSIKOLOGI INOVASI: Tantangan dalam perubahan perilaku pada individu

Essay Ujian Tengah Semester Psiklogi Inovasi



Arya Apolonio

NIM : 21310410109

Kelas: SJ

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tahun 2023



    Dalam mata kuliah psikologi inovasi mahasiswa diminta untuk melakukan perubahan yang nyata dalam bentuk olahraga yang tentunya dapat berdampak baik pada perubahan perilaku mahasiswa yang sebelumnya tidak berolahraga menjadi rajin dalam melakukan olahraga sehingga memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. 

    Berbicara mengenai perubahan perilaku berarti mencakup nilai pengembangan pada individu tersebut. Pengembangan perubahan berilaku berhubungan dengan suatu strategi, sistem, proses guna menimbulkan perubahan perilaku dalam diri individu sesuai dengan rencana, sebagai suatu alat guna menghadapi situasi-situasi yang berubah yang dihadapi oleh organisasi modern dan yang berupaya untuk menyesuaikan diri (mengadaptasi) untuk mancapai perubahan perilaku sesuai target yang diinginkan.

    Permasalahannya adalah pengajuan- penolakan yang tidak dilihatkan secara langsung oleh mahasiswa dengan menjadikan pekerjaan sebagai sebuah tameng atau pertahanan diri, karena merasa sibuk sangat menginggat banyaknya mahasiswa yang bekerja dan berkuliah dalam waktu yang bersamaan. Hal ini juga berkaitan dengan denga teori keenganan yang dimana Ketika diajak untuk melakukan perubahan seseorang cenderung tidak akan melakukan kecuali hanya mengakui bahwa dirinya mau berubah tanpa aksi nyata. Dengan demikian Ketika diminta untuk melakukan perubahan diri tidak semua siswa akan melakukan perubahan tersebut melainkan mereka bisa saja melakukan manipulasi yang terpenting ada melakukannya walaupun tidak sesuai dengan target yang diminta.

    Hubungan ketahanan dengan organisasi pemaksa pada film tersebut mencerminkan sebuah sikap yang mampu mengubah situasi negatif menjadi situasi positif yang menguntungkan. Dimana toko utama dalam film dapat terbebas dari sumur setelah pemiliknya mencoba menutup sumur tersebut. Pada dasarnya dalam menghadapi segala situasi kita harus mampu melihat segala keuntubgan dari sudut pandang yang berbeda sehingga walaupun situasi sulit pasti menemukan jalan keluar. Berdasarkan film tersebut kita harus mampu mengambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan. Ketika suatu saat kita dihadapkan dengan suatu permasalahan yang mungkin membuat kita putus asa kita harus mampu melihat dari berbagai sudut pandang terkait permasalahan yang dihadapi. Dengan demikian tentunya kita akan menjadi insan yanv tamgguh dalam menghadapi sebuah cobaan.

    Kemudian dalam upaya mewujudkan suatu perubahan tentu saja adanya tantangan yang menghadang, sama halnya dengan situasi kelas psikologi inovasi. Ada bukti yang diberikan siswa yang dengan mudah mengatakan siap untuk melakukan suatu tindakan perubahan namun dengan jelas dalam pengumpulan esai ada yang tidak mengumpulkan dan ada juga yang mengumpulkan tidak sesuai dengan permintaan dosen. Padahal hal tersebut merupakan sebuah rangkaian kata tanpa aksi dari siswa. Tentu banyak sekali faktor penyebab dalam upaya perubahan perilaku tersebut dan faktor terbesar adalah melawan rasa malas. Karena pada dasarnya kemalasan akan menghambat untuk mencapai suatu perubahan dan target dalam kehidupan.

    Maka dari itu kita harus melakukan perubahan yang berdampak baik bagi diri sendiri. Terkait sebuah reward, sepertinya hal itu cukup menjanjikan untuk menjadi daya tarik seseorang mau berinovasi mengubah perilaku. Tentunya reward yang diberikan berkaitan dengan dunia pendidikan. Seperti dapat memberikan reward berupa nilai tambah bagi siswa ya g dengan tulus hati dan secara sadar mau melakukan perubahan diri tanpa paksaan dari pihak manapun. Disamping itu mahasiswa juga diharapkan melakukan perubahan perilaku bukan atas dasar perintah dan mendapatkan reward tapi harus menjadikan hal tersebut sebagai keunggulan dalam diri yang kemudian akan ditekuni dan terus berlangsung.



Referensi:

Latar Bakroni. (2020). Perubahan dan Pengembangan Organsasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara. 1(2),hal.75-84.

0 komentar:

Posting Komentar