2.11.23

 Psikologi Inovasi

Ujian Tengah Semester

Rhicard Geovadri Layarda (21310410002)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



Mayoritas mahasiswa pada era sekarang adalah pekerja dimana mereka mengemban pendidikan sambil bekerja, menurut mereka lebih efektif dikarenakan sudah mendapatkan dua pengalaman sekaligus.

Tapi tidak dipungkiri itu juga menjadi masalah mahasiswa sekarang dimana dibagi kembali dalam tanggung jawab yang harus dia lakukan yaitu tanggung jawab kepada pekerjaan dan tanggung jawab kepada tugas kampus. Sering sekali para mahasiswa mengeluh tugas yang diberikan dosen sulit ( padahal sudah diberikan deadline jauh dan ringan) tetapi kembali lagi, tidak ada rasa ingin melakukan perubahan atau Resistance to change yang dipertahankan sebagian mahasiswa dimana alasan nya tidak ingin melakukan perubahan adalah alasan Perilaku dan alasan emosional

-          Alasan emosional muncul apabila mereka membuat situasi dimana mereka bisa merasakan berbagai emosi seperti taku,marah,sedih,senang  . terkadang juga mereka merasa takut akan emosi tersebut seperti jika dia melakukan suatu perubahan apakah nanti orang lain akan mengejek dan meremehkan perubahan kecil yang dia lakukan

-          Alasan perilaku dapat dilihat dari cara mahasiswa melakukan perubahan misalnya dia mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas, acuh tak acuh terhadap deadline tugas yang diberikan dosen , dan selalu beragumentasi jika ditanyain mengapa telat atau tidak mengerjakan

Tetapi tidak dipungkiri terkadang ada beberapa mahasiswa yang terpaksa melakukan perubahan dan menjadi sebuah kebiasaan

Resiliensi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan mengatasi kejadian yang berat atau masalah yang terjadi dalam kehidupan. Terpicunya Resiliensi mencakup beberapa aspek yaitu

-          Meaningfull life , adanya kesadaran bahwa hidup mempunyai suatu tujuan untuk dicapai yang mana untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan usaha ( contoh kita sebagai mahasiswa sadar , kuliah itu bukan beban tapi kewaiban karna kita sudah memilih untuk kuliah dan meyelesaikan semua proses nya dengan baik )

-          Perseverance adalah sikap bertahan dalam menghadapi kondisi atau situasi sulit yang sedang dihadapi ( kita harus optimis melakukan suatu perubahan walaupun kadang dilanda rasa malas dan takut akan cemoohan teman lainnya )

-          Equanimity adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang berhubungan dengan pengalaman hidup

-          Self-Reliance , keyakinan individu terhadap diri dan kemampuan yanhg dimiliki batas diri individu

-          Coming home to yourself ,  kesadaran bahwa setiap individu memiliki hidup yang unik.

Dari kelima aspek resiliensi di atas dipastikan individu memiliki resiliensi jika mempunyai tujuan untuk dicapai, mampu bertahan dalam situasi sulit, mampu melihat sisi positif dalam diri individu.

Bukti dari ketidaksetujuan terhadap perubahan terkadang dialami sebagian individu sebagai contoh adalah mahasiswa dari universitas proklamsi45 dalam mata kuliah inovasi , dimana adanya tugas yang menurut para masiswa kelas karyawan hal tersebut adalah beban dimana mereka harus mencari lomba dan harus melakukan perubahan diri , hal tersebut berat banget untuk sebagian mahasiswa pekerja dan dianggap memboros waktu. Tetapi melalui mata kuliah ini saya merasa terbantu dengan perubahan diri yang dialami dimana hal tersebut berdampak positif bagi kesehatan maupun kebiasaan. Segala perubahan tidak memerlukan reward secara fisik ,kesehatan dan perubahan diri juga sidah termasuk suatu reward kepada diri seorang individu. Kemudian point plus nya sebagai salah satu mahasiswa karyawan kita dapat memanajemen waktu dengan baik dari tanggung jawab terhadap kerjaan maupun tanggung jawab terhadap tugas dari perkuliahan.

 

Daftar Pusataka

https://healthsafetyprotection.com/mengatasi-keengganan-terhadap-perubahan-resistant-change/ ( Diakses pada 02 November 14.30 )

0 komentar:

Posting Komentar