1.11.23

PENOLAKAN PADA PERUBAHAN DIRI


 Rahayu Nur Kholifah (21310410079)

Essai UTS Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dra. Arundati Shinta, MA

 

Resiliensi merupakan kemampuan individu untuk bertahan dalam situasi sulit, dalam tekanan, atau bahkan mengatasi kesulitan atau trauma dalam kehidupan sehari-hari. Self acceptance merupakan proses dinamis psikologis dalam berpikir, emosi, dan berperilaku, yang dipengaruhi oleh ketahanan diri individu (Paramita & Margaretha, 2013).

Penyangkalan dan penolakan untuk mengubah diri seringkali berkaitan erat.

Keduanya bisa menimbulkan ketidaksetujuan atau ketidaknyamanan terhadap perubahan. Ketidaksetujuan tersebut berkaitan dengan ketika seseorang menolak perubahan, mereka mungkin tidak hanya mengekspresikan ketidaksetujuan verbal, tetapi juga cenderung menunjukkan sikap dan tindakan yang menentang perubahan.

Penolakan dan ketidakmauan untuk merubah diri juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor pribadi seperti nilai-nilai, keyakinan, dan motivasi. Sebagai contoh, seseorang yang sangat melekat pada nilai-nilai atau identitas tertentu mungkin merasa kesulitan untuk merubah diri karena mereka percaya bahwa perubahan akan mengancam nilai-nilai atau identitas mereka.

Suatu organisasi yang mengalami resiliensi meskipun organisasi yang bersifat memaksa seringkali berusaha mencapai sebuah tujuan melalui cara-cara yang tidak etis atau bahkan ilegal, menghadapi tantangan dan tekanan eksternal. Adanya perlawanan dan pertahanan, mencari cara untuk bertahan melindungi anggotanya, dan terus mengadvokasi untuk sebuah hak asasi manusia dan juga keadilan. Resiliensi dalam konteks organisasi pemaksa seringkali memerlukan upaya yang sangat sulit dan resiko yang tinggi. Dalam film the story of the donkey terdapat sebuah resiliensi pada seekor keledai dimana keledai itu berhasil menemukan jalan keluar untuk bisa bangkit dalam keterpurukan. Adapun bukti pada situasi di kelas psikologi inovasi terhadap perubahan diri salah satunya adalah menukar sepatu, sepatu dari kaki kanan dipakai untuk kaki kiri dan sepatu untuk kaki kiri dipakai untuk kaki kanan, hal tersebut membuat tidak nyaman karena itu adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan, selain itu terkesan sangat aneh jika dilakukan. Dalam hal tersebut terlihat bagaimana setuju mengubah diri namun tidak mencerminkan persetujuan karena hal itu dilakukan ketika seorang pemimpin ikut serta melakukan hal tersebut sehingga anggotanya akan mengikuti,artinya individu atau anggota akan melakukan suatu perubahan apabila ada role model di dalamnya. Selain itu terdapat perubahan dimana seseorang mau mulai memimpin suatu kelompok, pada saat sebelumnya terbilang sangat sulit untuk memilih pimpinan kelompok dan harus selalu tunjuk menunjuk. Bukti selanjutnya adalah berani menjawab segala pertanyaan dosen, ketika dosen bertanya seluruh mahasiswa bernai untuk menjawab jauh pada saat sebelumnya dimana masih banyak mahasiswa yang sulit untuk menjawab pertanyaan dosen karena merasa takut akan judgment jawaban yang diberikan dan merasa tidak percaya diri. Bersedia mengubah diri meskipun tidak ada reward karena melakukan sebuah perubahan menyangkut pada kesadaran diri dan kemauan diri untuk melakukan, meskipun secara tidak langsung ada beberapa hal yang membuat seseorang mampu merubah dirinya hanya karena hal-hal sederhana. Sebuah reward hanyalah bonus yang didapatkan ketika sudah melakukan sebuah perubahan, akan tetapi ketika seseorang hanya berpatokan terhadap reward maka sebuah perubahan yang dilakukan tidak akan terjadi dan hanya kemauan belaka. Dalam film the story of the donkey adanya sebuah perubahan dan resiliensi terhadap masalah yang ada tetapi pada film tersebut keledai tidak memikirkan sebuah reward dan hanya mencari sebuah cara bagaimana bisa bangkit dalam keterpurukannya saat di dalam sumur.

 

 

 

 

Referensi

Khomsah, N. R. (2018). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa . Indonesian Journal of Guidance and Counseling , 1-8.

Salsabilla, S. S. (2023). Hubungan antara Self Esteem dan Self Acceptance dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Putri di SMA BPS&K 1 Jakarta. Jurnal Upi-yai.ac.id, 1-11.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar