2.11.23

ESSAY UTS PSIKOLOGI INOVASI

Nama                            :    Indarti wahyuningsih

NIM                               :    21310410052

Kelas                             :    SP

Mata Kuliah                 :   Psikologi Inovasi

Tugas                            :    Esai 5 ( UTS )

Dosen Pengampu       :    Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A




Permasalahan Gaya hidup perilaku inovasi memang menjadi hal – hal sulit karena keengganan seseorang menurut ( Weiser dkk. 2020 ) Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa orang-orang yang menolak perubahan mungkin takut akan ketidakpastian dan hal -hal yang tidak diketahui, serta mungkin mendapatkan kepastian bahwa perubahan yang diperlukan akan bermanfaat. Memang benar bahwa penjaminan, meski secara umum membantu, mungkin merupakan solusi yang terlalu disederhanakan mengingat rumitnya permasalahan penafsiran mendasar yang mendorong keengganan terhadap perubahan. Menyesuaikan diri dengan sesuatu yang baru bisa jadi sulit karena berbagai alasan keadaan di Zona nyaman salah satu penyebab sulit untuk merubah menurut ( Enrejat 2021 ; Neil dan Young 2001 ) . cenderung memiliki zona nyaman di mana mereka merasa aman, tenteram, dan akrab. Ketika mereka diminta keluar dari zona ini dan mencoba sesuatu yang baru, hal itu bisa terasa tidak nyaman dan bahkan menakutkan. Keluar dari zona nyaman bisa jadi menakutkan karena memerlukan pengambilan risiko, kemauan untuk mencoba sesuatu yang berbeda, dan potensi kegagalan atau kekecewaan ( Enrejat 2021 ; Neil dan Young 2001 ). Takut akan perubahan Perubahan bisa jadi menakutkan, terutama jika perubahan itu melibatkan meninggalkan sesuatu yang familiar dan memasuki hal yang tidak diketahui. Masyarakat mungkin takut bahwa situasi yang baru tidak akan sebaik yang lama atau bahwa mereka tidak akan beradaptasi dengan situasi yang baru. Ada ekspektasi otomatis bahwa perubahan akan gagal karena tidak sesuai dengan operasi normal yang telah ditetapkan ( Enrejat 2021 ; Peus dkk. 2009 ; Weeks dkk. 2004 ; Welbourne 1994 ).

 

Perubahan sering sekali di kaitkan suatu hal yang mudah berubah namun banyak sekali tantangan berat yang harus di lalui. menurut Evans dan Evans 2018 ; Festinger 1957 ; Sedley dan Müller 2013 ) Keengganan (atau penolakan) terhadap perubahan dalam konteks perubahan organisasi adalah penting karena apa yang dimaksud dengan keengganan terhadap perubahan suatu proses yang normal dan naluriah, yang jika dipahami, dapat diatasi, bahkan mungkin secara preventif, sehingga menghasilkan penerimaan budaya yang berhasil sebelum, selama, dan setelahnya inisiatif perubahan organisasi. Perlunya Paksaan yang di lakukan oleh suatu pihak salah satu cara merubah perlu dilakukan. Mengingat cara memaksa di lakukan dengan tujuan merubah prilaku inovasi untuk kemajuan bersama bagi mahasiswa. Strategi ini cenderung memaksakan kehendak, ide dan pikiran sepihak tanpa menghiraukan kondisi dan keadaan serta situasi yang sebenarnya dimana inovasi itu akan dilaksanakan. Seperti filem Form The Resilience Dynamic yang menceritakan mengenai kisah seekor keledai dan petani yang sudah lama bersama. Suatu hari seekor keledai itu terjatuh di sumur, namun pak tani berpikir bahwa keledai tersebut sudah tua dan sumur itu tetap harus ditutup, sehingga pak tani bersama teman-temannya mengubur sumur itu. Sang Keledai awalnya berteriak karena merasa terancam, namun setelah beberapa saat tanah masuk ke sumur , keledai berpikir bahwa tanah-tanah yang masuk dapat dijadikan pijakan untuk dapat naik ke atas dan keluar dari sumur itu. pembelajaran yang didapatkan adalah bagaimana cara kita untuk dapat mengatasi tekanan yang kita alami dengan melihat kesempatan – kesempatan yang ada.

Kelas psikologi inovasi merupakan kelas yang memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa, karena dosen yang mengajarnya memberikan pengarahan dan cara mengajar yang berbeda. Namun dari situ mahasiswa banyak mendapat Pelajaran serta pengalaman baru yang mendorongnya untuk melakukan perubahan. Tapi tidak jarang masih banyak mahasiswa yang melakukan perubahan hanya karena ingin mendapatkan sesuatu atau hanya karena di perintahkan oleh dosen, seperti pada suatu keadaan dimana dosen menyuruh mahasiswanya untuk melakukan perubahan diri yaitu mengubah pemakaian sepatu yang tadinya di kanan menjadi dikiri begitu juga sebaliknya, awalnya mahasiswa enggan melakukan hal tersebut karena merasa aneh dan tidak terbiasa, namun saat dosen melakukan hal yang serupa akhirnya mahasiswa juga mengikutinya. Namun setelah beberapa waktu banyak mahasiswa yang mengembalikannya seperti semula lagi karena dosen juga demikian, ini memnunjukan bahwa individu enggan melakukan perubahan yang tidak biasa di lakukan dan mau mengubahnya hanya karena adanya perintah. Selain itu dosen juga memerintahkan mahasiswa untuk melakukan perubahan diri yaitu melakukan olahraga seminggu sekali sebanyak minimal 8 kali, mahasiswa melakukan nya tidak jarang hanya karena ingin mendapatkan nilai pada mata kuliah psikologi inovasi.

Law of effect yaitu hubungan stimulus respon cenderung diperkuat bila akibatnya menyenangkan dan cenderung diperlemah jika akibatnya tidak memuaskan, suatu tindakan yang diikuti akibat yang menyenangkan, maka tindakan tersebut cenderung akan diulangi pada waktu yang lain. Sebaliknya, suatu tindakan yang diikuti akibat yang tidak menyenangkan, maka tindakan tersebut cenderung akan tidak diulangi pada waktu yang lain. Dalam hal ini, tampak bahwa hukum akibat tersebut ada hubungannya dengan pengaruh ganjaran dan hukuman.

 

 Daftar Pustaka :

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Endrejat, Paul Constantin. 2021. Kapan harus menantang zona nyaman karyawan ? Interaksi antara kesesuaian budaya, budaya inovasi dan stimulasi intelektual supervisor. Jurnal Kepemimpinan & Pengembangan Organisasi 42: 1104–18. 

Evans, Gerald E., dan Michael G.Evans. 2018. Pengertian Resistensi terhadap Perubahan sebagai Teori Loss Aversion dan Prospek. Jurnal Kebijakan Bisnis dan Ekonomi 5: 1–7.

Festinger, Leon. 1957. Teori Disonansi Kognitif . Kota Redwood: Stanford University Press.

00001. Weiser, Ann-Kristin, Paula Jarzabkowski, dan Tomi Laamanen. 2020. Menyelesaikan Perubahan Adaptif: Pandangan Integratif tentang Implementasi Strategi. Sejarah Akademi Manajemen 14: 969–1031.

 

 

 

 

 


 

 

0 komentar:

Posting Komentar