2.11.23

ESSAY UTS PAIKOLOGI INOVASI

 


Nama : Muslimin

Nim : 21310410065

Matkul : Psikologi inovasi

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

Esai : UTS

 

        Tema utama mata kuliah psikologi inovasi adalah untuk mengajak mahasiswa untuk bersedia mengubah diri.

Manusia sulit berubah kalau bukan dari dalam dirinya sendiri, kita bisa saja menasehati seseorang orang tapi keputusan berubah lebih baik adalah harus dalam diri sendiri. Kenapa karena sifat manusia banyak yang sulit berubah salah faktor sulit seseorang buat berubah karena dalam diri orang tersebut telah tertanam pemikiran kuat apa yang dia yakini walaupun itu belum tentu benar. Manusia yang sulit berubah karena faktor pola pikir, sikap mental dan karakter seseorang yang banyak di pengaruhi oleh kebiasaan yang di bangun oleh lingkungannya masa kecil. Atau terbiasa di zona nyaman sekalipun itu kebiasaan buruk, sementara keluar dari kebiasaan itu artinya harus keluar dari kenyamanan, sehingga butuh proses, maka nasehat yang terbaik adalah dari dalam diri sendiri.

Menurut Kurt Lewin (1951), perubahan terjadi karena munculnya tekanan-tekanan terhadap organisasi, individu, atau kelompok. Kurt Lewin juga menyimpulkan bahwa kekuatan tekanan (Driving forces) akan berhadapan dengan keengganan (resistances) untuk berubah. Oleh karena itu, perubahan hanya dapat terjadi jika kekuatan tekanan lebih besar daripada keengganan untuk berubah. Sebagai contoh, mahasiswa karyawan cenderung menunjukkan resiliensi terhadap perubahan. Mereka telah menghadapi perubahan signifikan dalam hidup mereka dengan bekerja dan kuliah, mungkin perubahan ini sebagai pencapaian terbesar dalam diri mereka.

Perubahan yang tidak nyaman juga dapat memicu kemampuan daya tahan (resilience) pada individu. Video yang diberikan, “ How to build Resilience? The Story of the Donkey.” Menggambarkan pentingnya resilience dalam menghadapi perubahan dan tekanan hidup. Dalam konteks mahasiswa yang merasa terpaksa berubah, resilience menjadi penting untuk menghadapi tekanan dan stres yang muncul akibat perubahan yang dihadapi.

Kemajuan zaman dengan berbagai perubahan yang cepat seperti munculnya peraturan baru, masalah baru yang belum diketahui solusinya, dan peralatan baru, menunjukkan bahwa perubahan tidak menunggu kesiapan individu. Kondisi ini sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang jika tidak ada solusi untuk mengatasi nya dengan resilience inti dari perubahan yang tidak nyaman adalah penerimaan diri (self-acceptance), yang penting dalam proses mengubahnya.

Dalam konteks mahasiswa, ini bisa menjadi permasalahan yang kompleks. Mahasiswa mungkin merasa bahwa mereka harus setuju dengan perubahan karena tekanan akademi atau sosial.

Reward adalah salah satu metode untuk memotivasi seseorang untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Reward adalah ganjaran, hadiah, penghargaan atau imbalan yang bertujuan agar seseorang menjadi lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja yang telah dicapai

(Fitri, Ludigdo & Djamhuri, 2013). Reward yang diberikan kepada karyawan akan memberikan pengaruh yang segini terhadap kinerja.

Sedangkan penishment adalah sebuah cara untuk mengarahkan sebuah tingkah laku agar sesuai dengan tingkah laku yang berlaku secara umum.

Reward dan penishment merupakan suatu konsep yang dikembangkan dari suatu konsep manajemen sumber daya manusia, terutama ditujukan dalam rangka memotivasi seseorang untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Kedua metode ini sudah cukup lama dikenal dalam dunia kerja, dalam  dunia pendidikan pun ini kerap kali digunakan (Mangkunegara, 2015).

Menemukan imbalan dalam pekerjaan itu sendiri. Semua pekerjaan memiliki imbalan tertentu, akan tetapi anda harus memiliki pandangan ke depan dan kesabaran untuk mewujudkannya. Perlu bekerja sambil memikirkan pikiran positif dan yakin bahwa pekerjaan itu akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat:

*Anda mempelajari sesuatu, dan / atau orang lain belajar dari anda.

*Anda mendapatkan harga diri karena bekerja keras, dan mungkin mendapatkan penghargaan dan rasa hormat dari orang lain.

Untuk pekerjaan anda dapat memilih, belajar dan berlatih untuk mengubah keahlian anda. Jika anda telah mencari jiwa dan memutuskan untuk mencoba jalan baru, berikan segalanya.

 

Daftar pustaka

Mangkunegara Anwar Prabu, 2015. Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fitri S. Massuki, Ludigdo Unti, Djamhuri Ali. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komitmen, Organisasi, Kualitas Sumber Daya, Reward dan Punishment Terhadap Anggaran berbasis Kinerja. Jurnal Dinamika Akuntansi 5

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar