1.11.23

ESSAY UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI

 

ESSAY UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI INOVASI



Elfa Hidayaturrohmah (21310410032)

Kelas : SJ

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

Perubahan ialah sesuatu yang terencana dengan upaya sistematik untuk mendesain ulang tatanan atau struktur dari kebiasaan dengan melakukan adaptasi terhadap perubahan yan terjadi pada lingkungan eksterbal/internal maupun habbit untuk mencapai tujuan sasarn baru. Adapun fungsi-fungsi berubah, perubahan ditunjukkan untuk menyelesaikan masalah, perubahan ditunjukkan untuk membuat prosedur kerja lebih efisien, perubahan ditunjukkan untuk mengurangi kegiatan yang tidak penting

Adanya hubungan penolakan dengan teori-teori keengganan, ditinjau dari teorinya Kurt Lewin (1951) yang di golongkan menjadi 3 tahapan diantaranya yaitu:

a.       Tahap Unfreezing (pencaira), yaitu proses perubahan yang harus digalakkan secara kuat untuk mengubah situasi awal dengan memodifikasi keseimbangan yang ada. Permasalahan seringkali muncul karena adanya ketidakseimbangan dalam sistem.

b.      Tahap Moving (bergerak), proses perubahan ini dapat terjadi jika seseorang mempunyai cukup informasi dan sikap serta kempuan untuk berubah. Pada titik ini kita harus mencoba untuk mengumpulkan informasi dan mencari dukungan dari orang-orang yang dapat membantu memecahkan masalah.

c.       Tahap Refreezing (pembekuan), yaitu ketika orang yang melakukan perubahantelah mencapai tingkatan atau tahapan baru dengan keseimbangan baru.

 

Ditinjau dari teori meurut New dan Couilland (1981) terdapat beberapa faktor penghambat (restraining force) terjadinya perubahan yang disebabkan oleh:

a.       Adanya ancaman terhadap kepentingan pribadi

b.      Adanya persepsi yang kurang tepat

c.       Reaksi psikologis

d.      Toleranis untuk berubah rendah

 

Faktor pendorong terjadinya perubahan terhadap kebutuhan yang tidak terpenuhi yang akan memotivasi perilaku menurut teori kebutuhan Maslow (1954), yaitu manusia memiliki tiga kebutuhan dasar interpersonal yang melandasi sebagian besar perilaku seseorang:

Manusia memilki tiga kebutuhan dasar interpersonal yang melandasi sebagian besar perilaku seseorang:

a.       kebutuhan untuk berkumpul bersama-sama

b.      kebutuhan untuk mengendalikan/melakukan kontrol

c.       kebutuhan untuk dikasihi, kedekatan dan perasaan emosional

 

Terdapat adanya hambatan yang mempengaruhi terjadinya pada proses perubahan yaitu tidak mau atau tidak mampu untuk mengubah sikap dan perilaku lama yang menjadi kebiasaan. Individu yang mendapat manfaat dari kebiasaan cenderung kembali ke perilaku biasnaya. Perubahan diri itu bisa berjalan dengan baik biasanya karena berawal dari keterpaksaan yang semkin lama akan menjadi suatu kebiasaan atau habbit. Disini terdapat beberapa pendekatan untuk mencapai suatu perubahan tersebut diantaranya  yaitu:

a.       Pendekatan pada perubahan structural, perubahan struktur pada habbit untuk dimodifikasi manajemen waktunya dan alur kerja.

b.      Pendekatan pada perubahan teknologi,  pada sebuah diri individu mencakup bagaimana cara, prosenya, metode dan alat yang akan digunakan

c.       Pendekatan pada perubahan manusia, mengubah tingkah laku dan menodifikasi pada keterampilan, sikap, persepsi, dan harapan-harapan kedepan

 

Bukti menyetujui untuk mengubah diri tetapi tidak mencerminkan persetujuan tersebut biasanya terjadi karena beberapa hal yang menjadi faktor pemicunya diantaranya:

a.       Waktu kerja yang tidak menentu dan menganggu tingkat konsistensi terhadap perubahan yang di lakukan (olahraga).

b.      Terlalu banyak aktivitas dan kurangnya waktu luang untuk melakukan kegiatan perubahan diri.

 

Perubahan akan tetap dilakukan apabila tidak reward hal tersebut merupakan sebuah paksaan untuk menjadikan inividu yang sangat konsisten terhadap tanggung jawab di tempat kerja. Jika tidakmelakukan perubahan yang ada akan menganggu operasional kinerja suatu team tersebut. The law of effect ini sangat bisa mendorong untuk seseorang lebih grow terhadap apa yang pernah dilakukan dan tidak mengulangi suatu hal yang negative.

 

Reverensi

https://bahan-ajar.esaunggul.ac.id/nsa101/wp-content/uploads/sites/1271/2019/12/9.-Konsep-Berubah.pptx

0 komentar:

Posting Komentar