24.11.23

essay prestasi

 

Psikologi Inovasi

ESSAY PRESTASI

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta




Menurut Waluyo dkk (2012) lari ialah salah satu gerakan dasar manusia yang mempunyai peranan penting, bisa dalam kehidupan sehari-hari ataupun olahraga. Sprint atau bahasa lain dari lari cepat membutuhkan reaksi yang cepat, akeselerasi yang bagus, serta jenis lari yang efisien. Dalam mencapai hasil yang baik atau maksimal dalam lari memerlukan penguasaan teknik start teknik lari, serta teknik untuk melewati garis finish (Syaifudin, 1992).

Dalam hal ini penulis mengikuti suatu perlombaan dengan nama lomba “Runtasthic Fair 5K”  yang diadakan oleh KOPMA UNY diselenggarakan pada 8 Oktober 2023 dengan jarak 5KM. Perlombaan ini diikuti lebih dari 1000 peserta lebih dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Kalimantan, Bandung, Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Rata-rata yang mengikuti perlombaan ini banyak dari kalangan mahasiswa, penulis begitu sangat antusias untu mengikuti perlomabaan ini, selain menambah semangat untuk berolahraga juga bersemangat karena bisa bertemu dengan banyaknya orang.

 

Lomba ini dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan opening dari panitia lalu dilanjutkan pemanasan di jam 06.30  WIB setelah pemanasan lalu peserta semua bersiap di garis start. Semua peserta lari berlari kecil dengan beriringan, penulis pun sangat bersemangat sekali pada kilometer pertama. Rasa lelah pun muncul ketika masuk pada kilometer ketiga namun semangat untuk mencapai garis finish tidak pernah pudar. Penulis masih mencoba berlari melewati para peserta lain. dengan banyaknya peserta membuat penulis juga susah untuk melewati dikarenakan rute jalan yang tidak lebar melewati jalan-jalan besar. Pada kilometer keempat penulis merasa sebentar lagi sudah hampir tiba di garis finish, namun beberapa peserta memang sudah lari terlebih dahulu. Kini sudah mencapai titik puncak di garis finish beberapa peserta sudah tampak melewati garis finish sebelum penulis sampai. Setelah semua peserta sampai di garis finish mereka dikumpulkan di tengah lapangan untuk menonton beberapa pertunjukkan dan sambutan. Setelah rangkaian acara berikut berlanjut kepada acara bagi-bagi doorprize nomor yang dipanggil adalah nomor tiket yang sudah dikumpulkan setelah peserta melewati garis finish. Acara pembagian doorprise pun berlangsung namun penulis belum mendapatkan panggilan dari nomor undian tersebut. Dalam acara pembagian doorprise juga diselingi dengan pengumuman juara lari, pelari yang dipilih adalah pelari 3 terbesar yang sampai di garis finish duluan. Akhirnya ketiga pemenang diumumkan namun penulis tidak mendapatkan hadiahnya karena 3 pelari tercepat sudah lebih dulu melewati penulis, namun penulis tidak terlalu merasa sedih dan berkecil hati, karena setelah acara pembagian doorprise dan pengumuman juara semua peserta lanjut kepada acara puncaknya yaitu  colour fan penulis merasa senang sekali karena bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai daerah, bahkan saling bertukar media sosial. Lomba ini sangat memiliki pengalam berharga bagi penulis, penulis berharap bisa mengikuti lomba-lomba seperti ini untuk berikutnya.


 

 

Daftar Pustaka

Syarifuddin, A. 1992. Atletik. Jakarta:Depdikbud

Waluyo, M., & Rahayu, S. (2012). Pengaruh Latihan Lompat Kijang Terhadap Kecepatan Lari. Journal of Sport Science and Fitness1(1).

 

0 komentar:

Posting Komentar