21.11.23

Essay Prestasi ; Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (Pengabdian Masyarakat)

 Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (Pengabdian Masyarakat) 

Essay Prestasi

Bella Azahar Br Tarigan

NIM : 21310410033

Kelas Reguler/ Semester 5

Dosen Pengampu : Dr.Dra.Arundati Shinta

Fakultas Psikologi 

Universitas 45 Yogyakarta

 


Prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang atau suatu kelompok dalam meraih tujuan atau pencapaian tertentu. Prestasi dapat berupa keberhasilan dalam bidang pendidikan, pekerjaan, olahraga, seni, dan sebagainya. Menurut (Maslow,1943) seorang psikolog Amerika Serikat yang mencetuskan teori Hierarchy of Needs atau teori kebutuhan manusia, prestasi adalah kebutuhan manusia yang terdiri dari kebutuhan aktualisasi diri. Menurutnya, manusia memiliki dorongan untuk menggapai prestasi dan merasa puas ketika mereka dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan menurut (McClelland,1961) seorang psikolog Amerika Serikat, prestasi adalah salah satu dari tiga kebutuhan motivasi manusia, selain kebutuhan afiliasi (kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain) dan kebutuhan kekuasaan (kebutuhan untuk memiliki dan menggunakan kekuasaan). Menurut McClelland, seseorang yang memiliki kebutuhan akan prestasi cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih tujuan dan pencapaian.

Prestasi atau pencapaian yang saya raih di tahun 2023 ini adalah menjadi ketua tim PKM-PM yang mampu mengalahkan ribuan tim PKM dari kampus yang ada di  seluruh Indonesia dan lolos sampai tahap Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa - Pengabdian Masyarakat atau disingkat menjadi (PKM-PM).

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.PKM secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila,serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang:

1. Tahu dan taat aturan;

2. Kreatif dan inovatif;

3. Objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Menjadi ketua dalam tim ini membuat saya banyak belajar mengenai kemampuan leadership,bertanggung jawab,kerja sama tim,menjaga kekompakan,mengeluarkan pendapat,berfikir kreatif dan memiliki jiwa kompetisi yang baik.Untuk sampai pada tahap ini tidaklah mudah dan banyak menguras tenaga dan pikiran. Bermula dari mempersiapkan judul proposal,membuat proposal,laporan,maupun pada saat turun langsung ke lapangan karena kebetulan tim saya mengambil tema pengabdian masyarakat yang pastinya harus berhadapan langsung dengan mitra yang akan diajak kerja sama.Hal ini memang banyak membuang waktu dan menguras tenaga,tetapi saya bangga dan bersyukur mengikuti PKM-PM ini karenanya saya bisa merasakan menjadi salah satu Mahasiswa berprestasi di kampus Universitas Proklamasi 45. Sertifikat PKM ini nantinya juga bisa kita gunakan saat melamar kerja dan menjadi salah satu acuan diterimanya kita di dunia industri dibanding yang lain. Semoga kedepannya saya bisa mengikuti ajang bergengsi yang lainnya yang pastinya lebih seru dan menantang lagi.


Daftar Pustaka

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation.

McClelland, D. C. (1961). The achieving society.


0 komentar:

Posting Komentar