14.11.23

Perubahan Diri ( Essai 6 )

         


Essay 6 : Perubahan Diri
 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Lodia Etding/21310410013

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


        Inovasi dapat didefinisikan dengan berbagai cara, mulai dari menjadi lebih kreatif hingga berpikir di luar kebiasaan. Semakin manusia  menjalani perjalanan hidupnya,  percaya bahwa inovasi terbentuk dari perspektif kesadaran diri. Inovasi bukan hanya milik teknologi.Demi masa depan bisnis, hal ini tidak bisa selalu dipikirkan dalam pengertian teknologi.

Jika kita memiliki dunia bisnis di mana sebagian besar modal ventura telah tercurah ke dalam satu cawan, hal ini dapat menggeser kelangsungan hidup umat manusia di masa depan. Dalam film Terminator 2, yang merupakan film yang bagus dan mungkin berlaku untuk masa depan kita sebagai manusia. Film ini merinci bagaimana mesin mengambil alih planet ini dan mereka menjadi kekuatan dalam film tersebut dan merupakan konsep yang sulit diterima oleh sebagian orang. Namun, kenyataannya adalah bahwa inovasi seharusnya lebih banyak berasal dari dalam diri kita sendiri, tidak harus berinvestasi dalam teknologi dalam jumlah besar. Apa di maksudkan dengan hal film,  Tentu saja kita harus lebih kreatif untuk menjaga pikiran kita. Selain itu, kita tahu bahwa kesehatan mental telah menjadi fokus utama sejak covid. Dan itu merupakan gerakan yang hebat. Sebagai contoh, ada beberapa influencer psikolog yang telah membagikan semua pengalaman hidup mereka terkait trauma secara online untuk membantu orang lain dan meningkatkan kesadaran. Namun, hal tersebut tidak akan menciptakan masyarakat yang lebih baik yang siap untuk masa depan pekerjaan.  Beberapa orang mungkin bertanya, apakah inovasi dapat diajarkan secara langsung kepada seseorang untuk membuat orang tersebut menjadi lebih kuat dalam berbagai jenis keterampilan. Jawabannya adalah ya, tentu saja.Dan begitulah jawabannya. Kita tahu bahwa semakin inovatif kita sebagai individu, semakin banyak kita dapat memecahkan masalah baik dengan mengerjakan proyek-proyek kecil maupun proyek yang lebih besar. Oleh karena itu, inovasi diri seharusnya menjadi lebih dari sebuah rencana investasi bagi kita semua. Anda bisa menyebutnya sebagai kemampuan untuk menginvestasikan waktu untuk meningkatkan keterampilan kita - yang memang membutuhkan kreativitas yang sekali lagi mendorong inovasi dan menciptakan diri Anda yang lebih baik.

 

Dalam hal ini untuk memenuhi tugas psikologi inovasi saya juga mengambil keputusan bahwa bukan hanya sekedar tugas kuliah untuk memenuhi syarat tetapi saya memutuskan untuk melakukan inovasi dalam diri saya dengan komitmen Lari dalam seminggu sekali dengan jarak yang dan jam yang ditentukan, awalnya saya merasa kesulitan namun saya tetap konsisten dengan cara setiap minggu harus ada perubahan dengan cara Lari 1x dalam seminggu meskipun waktu dan jarak tidak menentu tapi saya telah melakukan sesuatu perubahan dalam diri saya dengan cara disiplin, komitmen dan konsisten terus bahkan setelah memenuhi tugas kuliah kebiasaan ini akan berlanjut terus demi perubahan dalam diri saya.

 

Tabel . Perubahan Diri

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

60

60

65

60

65

68

70

70

J

3,4

3,4

3,5

3,4

3,5

3,7

4

4


Foto Olahraga Perubahan Diri















 

 

 

 


 

0 komentar:

Posting Komentar