25.11.23

essay 6 - perubahan diri - Ulvi isnaini - psikologi inovasi

Perubahan Diri

Ulvi Isnaini

21310410103

Psikologi Inovasi

Dosen pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta M A

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan kesehatan bukan hanya jasmani namun juga rohani. Melakukan olahraga secara konsisten bukanlah hal yang mudah, rasa sakit setelah melakukan olahraga pertama membuat seseorang banyak yang berhenti berolahraga dan tidak konsisten dalam olahraga, padahal olahraga sangatlah penting untuk kesehatan. Ada berbagai macam olahraga yang dilakukan setiap orang baik yang aman maupun yang ekstrim sekalipun. Selain faktor kesehatan, olahraga juga menjadi cabang kejuaraan di berbagai daerah baik nasional maupun internasional. Dengan melakukan olahraga dengan konsisten dan berada dalam pengawasan yang tepat, olahraga dapat menjadi jalan kesuksesan bagi para atlet dibidang olahraga.

Olahraga memanglah sangat berat dan tidak mudah. Beberapa orang tidak dapat melakukan olahraga dibidang tertentu seperti renang, paralayang, ski atau olahraga yang ekstrim lainnya. Olahraga yang saya lakukan kali ini adalah olahraga renang yang latihan awalnya sangatlah tidak mudah. Bahkan ketika saya telah bisa menguasai satu gaya dalam renang, namun ada rasa takut tersendiri pada kedalaman air yang lebih dalam dari tinggi badan saya, dan rasa takut jika kehabisan nafas jika jarak tepian sangat jauh dari saya. Namun itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk bisa melewati rintangan itu dan melakukan perubahan diri agar tidak kalah dari rasa takut. Perubahan diri ini dapat dikatakan berhasil saya lakukan seperti yang dapat dilihat dalam tabel dan grafik berikut ini.



M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

60

60

60

60

60

60

60

60

J

434

588

630

728

805

938

1092

1232

 

Kegiatan ini dilakukan selama 8 minggu sejak tanggal 30 september hingga 20 november 2023 di taman air sendang sombomerti yang berada di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang buka setiap hari sabtu – kamis jam 07.00 – 17.00 WIB. Sendang sombomerti memiliki kolam ikan, kolam anak, dan kolam untuk dewasa. Sementara itu kolam yang disediakan untuk orang dewasa berukuran T = 180m, L = 7m, P = 12m. Pengukuran jarak renang yang saya lakukan dengan cara menghitung berapa kali bolak balik ditepi L selama 60 menit.

Selama melakukan perubahan diri ini, saya melakukan penargetan agar setiap minggunya ada kemajuan yang dapat saya capai. Disisi lain, saya juga menemukan beberapa rintangan dalam melakukan kegiatan ini, seperti banyaknya pengunjung di waktu weekend sehingga jarak dari target yang saya inginkan tidaklah maksimal, dikarenakan harus bergantian untuk menyeberang ke tepi sebaliknya untuk mencegah adanya tabrakan saat berada di tengah kolam, hal ini dapat memakan waktu yang cukup lama sehingga sangatlah tidak efektif dalam waktu dan energi karena saat tepi kolam sudah sepi saya harus berenang dengan cepat untuk kembali ke tepi awal untuk mencapai target saya selama 60 menit.

Selain itu rintangan yang saya hadapi adalah rintangan alam, dimana kegiatan ini dilakukan selama musim kemarau dan memasuki musim hujan, pemilihan waktu yang salah dapat menjadi bencana bagi diri sendiri, seperti yang saya rasakan saat berenang di hujan pertama yang turun di jogja yang disertai dengan sambaran petir. Dan akhirnya saya harus menghentikan kegiatan itu setelah berenang beberapa ratus meter hingga hujan reda dan melanjutkannya kembali hingga kegiatan itu selesai dilakukan.

Dari waktu 8 minggu yang telah dilalui dan rintangan yang dihadapi, dapat disimpulkan bahwa melakukan perubahan diri tidaklah mudah, bukan hanya tentang kemauan yang kuat untuk melakukan perubahan, namun faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada perubahan yang terjadi.

  


 







0 komentar:

Posting Komentar